Sekilas Info

Disperindag Ambon: Harga Bawang Merah Melonjak

AMBON - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon mencatat saat ini harga bawang merah di pasar tradisional mengalami lonjakan.

Harga bawang merah di pasar tradisional kini berada di kisasaran Rp 75 ribu/kg dari sebelumnya Rp 50 ribu/kg. Sedangkan bawang putih masih stabil di angka Rp 50 ribu/kg.

"Memang benar saat ini harga bawang merah sedang melonjak di pasaran, sedangkan dari data kami untuk kebutuhan pokok lainnya masih stabil," kata Kepala Disperindag Kota Ambon Pieter Leuwol kepada malukuterkini.com, Minggu (14/6/2020).

Dijelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sentra produksi bawang merah, di Jawa maupun Sulawesi ternyata ada beberapa masalah yang dihadapi sehingga tidak bisa menyediakan bawang merah dalam jumlah banyak.

"Kemarin saya koordinasi dengan distributor, bahwa ada informasi petani ini memang sedikit takut untuk melakukan aktifitas akibat Covid, dan ada juga petani yang kekurangan modal mereka mau produksi takut ketika produksi tidak terjual," jelasnya.

Walaupun begitu, ia mengakui beberapa waktu lalu ada sebanyak 24 ton bawang telah masuk di Pelabuhan Ambon.

Dikatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi sehingga sebelum pelaksanaan PSBB nanti, jumlah pasokan bawang merah bisa bertambah.

"Kita akan tekan mereka untuk bisa produksi bawang dalam jumlah yang banyak, karena kita harus mempersiapkan untuk kebutuhan masyarakat selama PSBB nanti," katanya.

Tak hanya bawang, ia juga telah melakukan koordinasi dengan seluruh distributor kebutuhan pokok lainnya, agar ketika PSBB tak mengalami kekurangan kebutuhan pokok.  (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!