Sekilas Info

Usai Rapid Test, 50 Napi Dipindahkan Ke Lapas Ambon

RAPID TEST – Sejumlah narapidana menjalani rapid test sebelum dipindahkan dari Rutan Kelas IIA Ambon ke Lapas Kelas IIA Ambon, Sabtu (20/6/2020).

AMBON – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon menerima pemindahan narapidana sebanyak 50 orang dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Sabtu (20/6/2020).

Langkah ini menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Nomor PAS-PK.01.01.01-750 tentang Penerimaan Tahanan Pengadilan (Tahanan A3), maka diperintahkan kepada Kakanwil Kemenkumham untuk melaksanakan penerimaan Tahanan Pengadilan (Tahanan A3) dan Narapidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) dari Rutan Kelas IIA Ambon ke Lapas Kelas IIA Ambon.

“Pemindahan ini sudah harus dilakukan mengingat narapidana tersebut telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) dan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam proses pemindahan ini,"  jelas Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri dalam keterangan tertulisnya yang diterima malukuterkini.com, Minggu (21/6/2020).

Narapidana yang dipindahkan kata Saiful sudah menjalani rapid test terlebih dahulu dan hasilnya non reaktif.

Tiba di lapas 50 Narapidana diwajibkan mencuci tangan, masuk ke dalam bilik sterilisasi dan dilakukan pengecekan suhu tubuh (thermal scanning).

Tak hanya itu narapidana tersebut akan dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas klinik dan melakukan test urin sebelum ditempatkan pada kamar Isolasi yang telah disediakan selama 14 hari akan dilakukan pemeriksaan rapid test kedua setelah masa isolasi.

Kini jumlah narapidana yang menjadi warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIA Ambon sebanyak, 373 orang. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!