Sekilas Info

KKT Dapat Opini WTP Dari BPK

PENYERAHAN LHP LKPD KKT - Kepala BPK Perwakilan Maluku, Muhammad Abidin menyerahka LHP LKPD KKT secara virtual, di Ambon, Selasa (7/7/2020). Sementara Bupati KKT Petrus Fatlolon dan jajarannya berada di Saumlaki.

AMBON - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Maluku memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Hal ini disampaikan BPK saat penyerahan LHP LKPD tahun 2019, yang berlangsung secara virtual oleh Kepala BPK Perwakilan Maluku, Muhammad Abidin, Selasa (7/7/2020). Sementara Bupati KKT Petrus Fatlolon dan jajarannya berada di Saumlaki.

Dalam penyerahan itu, Kepala BPK Perwakilan Maluku, Muhammad Abidin mengatakan BPK telah melakukan pemeriksaan atas LKPD KKT Tahun Anggaran 2019.

“LKPD itu terdiri dari Neraca per 31 Desember 2019, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, dan Catatan atas Laporan Keuangan,” rincinya.

Dijelaskan, pemeriksaan LKPD tersebut ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran LKPD memperhatikan 4 kriteria, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

"Kelemahan dan permasalahan yang ditemukan tidak material dan signifikan yang dapat mempengaruhi kewajaran penyajian LKPD KKT Tahun Anggaran 2019. Laporan Keuangan menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan pemerintah daerah tanggal 31 Desember 2019, dan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, operasional, arus kas, serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, sehingga BPK memberikan opini WTP," jelasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!