Sekilas Info

Jelang Pilkada Bursel, Ini Arahan Kapolda Maluku

AMBON – Menjelang Pilkada Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar menggelar Tatap Muka bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Buru Selatan, di Namrole, Sabtu (25/7/2020).

Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan Syarif Mahulauw mengatakan, pihaknya telah melantik 79 PPS pada 5 kecamatan pada 12 Juni 2020 lalu.

Selain itu sesuai Peraturan KPU disarankan untuk pelaksanaan seluruh tahapan harus memenuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Seluruh proses tahapan yang dilaksanakan oleh KPU nanti yang melibatkan sejumlah orang harus memenuji protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Di tempat yang sama Ketua Bawaslu Kabupaten Buru Selatan Umar Alkatiri, mengatakan, pihaknya telah membentuk Pengawas Tingkat Desa  yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Buru Selatan.

“Dalam melaksanakan pengawasan Bawaslu selalu mengutamakan protokolKesehatan guna memotong mata rantai penyebaran Covid 19,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dalam arahannya mengatakan perhelatan Pilkada 2020 berbeda dari yang sebelumnya disebabkan berlangsung di tengah pademi Covid-19.

“Kita punya kesulitan di Maluku ini secara geografis banyak kepulauan dan untuk distribusi logistik agak terlambat," katanya

Kapolda menambahkan, jika ada personelnya tidak netral dan tidak benar dalam melaksanakan pengamanan Pilkada maka saya akan tindak..

"Pesan saya siapa yang akan mencalonkan dirinya harus peduli juga kepada masyarakat setempat, kalau memang dia memerlukan suara dari masyarakat harus memperhatikan faktor kesehatan mereka supaya penyelenggaraan pesta demokrasi nanti dapat berjalanan dengan baik sesuai dengan apa yang kita inginkan," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!