Sekilas Info

Wali Kota Ambon: Semua Desa Harus Punya Kampung Tangguh

PANEN - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy (ketiga dari kiri) melakukan panen sayur usai mencanangkan Kampung Tangguh di Desa Passo, Ambon, Senin (27/7/2020).

AMBON – Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mencanangkan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Passo, Senin (27/7/2020).

Dalam sambutan, Wali Kota mengatakan kampung tangguh merupakan salah satu konsep dari Polri yang harus diapresiasi.

"Saya berikan apresiasi. Kenapa sampai polri melaksanakan semua konsep kampung tangguh, karena, setiap potensi yang ada pada kita harus pakai sehingga bisa bergerak nilai ekonomi,"kata Louhenapessy.

Ia berharap,  Desa Passo akan menjadi contoh untuk desa-desa lain yang ada di kota Ambon.

"Kita targetkan 30 desa. Jajaran Polri target 13 desa, namun saya dorong seluruh desa harus punya kampung tangguh dan itu sudah ada tinggal kita canangkan," ungkapnya.

Dikatakan, setiap potensi harus dikerahkan secara bersama sehingga bisa membuahkan hasil, karena tanpa kerjasama maka hal itu tidak bisa terjadi.

“Dalam kampung tangguh tak hanya dengan pangan, namun juga bisa tentang keamanan dan kesehatan. Ini yang sangat akrab di masyarakat Maluku yaitu slogan SAGU (Sehat, Aman, Guyub dan Unggul) yaitu Sehat dimana puskesmas maupun dokter selalu kontrol terhadap kesehatan, Aman adalah peran bersama dari pemerintah desa, Babinsa dan Bhankhamtibmas untuk sama-sama menciptakan kondisi yang aman, serta Guyub adalah kerjasama atau gotong royong dan terakhir unggul," katanya.

Usai melakukan pencangan, Wali Kota melakukan panen sayur sekaligus penanaman bibit sayur serta pemberian bahan pangan kepada warga maupun petani setempat. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!