Sekilas Info

Rorogo Zega Jadi Kajati Maluku, Yudi Handono Masuk Kejagung

Rorogo Zega

AMBON – Jaksa Agung Burhanuddin menugaskan Rorogo Zega sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku menggantikan Yudi Handono.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Jaksa Agung nomor 148 tahun 2020 tanggal 28 Juli 2020.

Rorogo Zega saat ini menjabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kalimantan Barat di Pontianak. Sementara Yudi Handono mendapat penugasan baru sebagai Direktur Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara Ketertiban Umum dan Tindak Pidana Umum pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung di Jakarta.

Tak tak hanya Kajati namun mutasi juga terhadap Asisten Bidang Tindak Pidana Umum (Aspidum) pada Kejati Maluku, Agus Eko Purnomo.

Ia mendapat tugas baru sebagai Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus (Aspiduss) pada Kejati Bali di Denpasar. Penggantinya adalah Rahmat Purwanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Asahan di Kisaran.

Mutasi eselon III Berdasarkan keputusan Jaksa Agung republik Indonesia nomor KEP-IV-528/C/07/2020.

Rorogo Zega saat dikonfirmasi malukuterkini.com, Kamis (30/7/2020) membenarkan namun belum banyak berkomentar. "Ia benar. Kita ditempatkan dimana saja siap," ujarnya.

Rorogo Zega bukan orang yang baru bertugas di Maluku. Ia tercatat pernah menjadi Kajari Ambon.

Jaksa kelahiran Nias – Sumatera Utara, menempuh dan menyelesaikan studi pendidikan formal SD, SMP, dan STM di Nias, lalu studi melanjutkan pendidikan kuliah Strata Satu (S1) di Bandung,

Rorogo Zega mengawali karir sebagai pegawai dan profesi Jaksa di bidang Pengawasan Kejagung RI, lalu menjadi Jaksa di Kejari Jakarta Utara, kemudian Kasubsi Pidsus Kejari Bale Bandung – Jawa Barat.

Selanjutnya Kasi Pidana Khusus Kejari Padangsidimpuan - Tapanuli Selatan Sumatera Utara, lalu menjadi Pejabat Struktural di Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum Kejagung RI, kemudian Kasi Pidana Umum Kejari Salatiga – Jawa Tengah, selanjutnya Pejabat Struktural di Kejati Jawa Barat.

Jabatan Kajari mulai dijabatnya saat diangkat menjadi Kajari Kepulauan Mentawai – Sumatera Barat, lalu menjadi Kajari Klungkung - Bali, kemudian menjadi Pejabat Struktural di Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejagung RI, selanjutnya menjabat sebagai Kajari Ambon.

Usai dari Ambon, ia menjadi Pejabat Struktural JAM Perdata dan Tata Usaha Negara Kejagung RI, lalu menjadi Aspidsus Kejati Provinsi Sumatera Utara, selanjutnya dipromosikan menjadi Pejabat Struktural di Kejagung RI sebagai Koordinator di Koordinator di Jaksa Agung Muda Perdata Tata Usaha Negara Kejagung RI lalu dipromosikan menjadi Wakil Kajati Provinsi Bengkulu dan kemudian Wakil Kajati Provinsi Kalimantan Barat.

Rorogo Zega dikenal di jajaran Kejaksaan sebagai sosok yang sangat berprestasi gemilang dan dengan kinerja kepemimpinan cemerlang, tanpa cacat, tanpa pelanggaran. Saat menjabat Kajari Ambon, ia memimpin jajarannya menorehkan prestasi luar biasa dengan meraih penghargaan dari Jaksa Agung Basrief Arief saat itu sebagai Kejari terbaik di seluruh Indonesia dalam hal pemberantasan korupsi. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!