Sekilas Info

Mahasiwa KKN PPM UKIM Edukasi PHBS

AMBON - Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) melakukan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penyaringan air saat Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) UKIM angkatan XLIX Semester Antara Tahun 2019/2020 di Dusun Kusu-Kusu Sereh.

Kelompok 16 yang terdiri dari 4 orang mahasiswa Fakultas Kesehatan (George J Baker, Maxy Noya, Nita Resley, Stenly M Tamtelahitu) didampingi instruktur Richrisna Helena Waas, Dosen Prodi Teknik Sipil UKIM melakukan kegiatan KKN PPM.

“Kegiatan KKN PPM Angkatan XLIX Kelompok 16, berlangsung di Dusun Kusu-Kusu Sereh dan Jemaat GPM Kusu-Kusu Sereh selama 6 minggu menjalankan program dengan Tema Edisi Covid 19 yaitu edukasi PHBS bagi anak-anak sekolah minggu jenjang anak kecil di Jemaat GPM Kusu-Kusu Sereh Sektor Zaitun. Edukasi ini disampaikan oleh mahasiswa KKN sebagai bentuk implementasi ilmu Kesehatan Masyarakat bagi anak-anak dengan tujuan peningkatan pemahaman anak dan orang tua untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” jelas instruktur Richrisna Helena Waas dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/8/2020).

Selain itu, katanya, juga dilakukan sosialisasi Teknik Penyaringan Air dengan sistem down flow secara sederhana.

“Kegiatan ini dilakukan dengan sasaran masyarakat Kusu-Kusu yang memang kondisi air yang selama ini mereka konsumsi ada dalam kondisi keruh pada saat musim penghujan. dan lagi-lagi berdasarkan tena KKN PPM UKIM kali ini adalah edisi Covid-19 maka teknik penyaringan air ini juga dilakukan untuk memecahkan permasalahan masyarakat dalam hal air bersih dan tetap untuk menjaga kebersihan lingkungan dan air minum yang layak demi ketahan daya tahan tubuh di tengan pandemi covid 19 saat ini,” katanya.

Ia menambahahkan kegiatan KKN PPM UKIM kali ini tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19 berdasarkan standar WHO. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!