Sekilas Info

Empat Napi Lapas Ambon Terciduk Usai Konsumsi Sabu

BARANG BUKTI NARKOTIKA- Barang bukti milik empat napi yang terciduk usai mengkonsumsi narkoba di Lapas Kelas IIA Ambon, Minggu (17/1/2021).

AMBON - Empat narapidana (napi) terciduk usai mengkonsumsi narkoba jenis sabu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Minggu (17/1/2021).

Keempat napi ini merupakan napi kasus narkotika. Mereka masing-masing SRR (40), AU (36), ERR (32) dan MP (24).

Kepada malukuterkini.com, Minggu (17/1/2021), Kepala Lapas Kelas IIA Ambon, Saiful Sahri menjelaskan keempat napi itu terciduk saat dilakukan penggeledahan.

Dijelaskan, sebelum dilakukan penggeledahan, pihak Lapas memperoleh informasi bahwa ada pelemparan barang dari luar pagar lapas ke dalam blok hunian.

“Setelah dikembangkan ternyata sabu tersebut dipasok dari luar dengan cara dilempar ke dalam lapas. Jadi  tadi sekitar pukul 11.00 WIT petugas penjagaan melaporkan terjadi pelemparan barang diduga narkoba kepada Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP),” jelasnya.

Sesuai dengan informasi tersebut, menurut Saiful Sahri, ditindaklanjuti dengan pelacakan di dalam lapas.

“Petugas KPLP kemudian melakukan penyergapan dan ditemui di salah satu kamar barang bukti tersebut itu ada dan mereka sementara dalam kondisi baru habis mengkonsumsinya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat Kepala KPLP bersama petugas penjagaan yang bertugas  melakukan penggeledahan dalam blok dan kamar yang dicurigai itu empat napi ini tidak dapat berkutik lagi karena sudah ditemukan barang buti.

"Saat geledah ditemukan barang bukti tersebut dengan rincian paket ganja sintesis, 3 paket sabu, 1 buah alat hisap, 1 HP dan uang tunai sebesar Rp 600.000. Saya  bersama Kepala KPLP langsung melakukan pemeriksaan kepada keempat napi pemilik narkoba tersebut dan  hasil pemeriksaan diketahui barang tersebut dilempar dari luar dengan pelaku pelemparan yang sedang penyelidikan," jelasnya.

Saiful Sahri mengaku, setelah mengetahui dan medapati barang bukti tersebut, dirinya langsung melakukan Koordinasi dengan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol Leo SN Simatupang dan Kasat Narkoba untuk ditindaklanjuti.

"Pihak Polresta langsung datang melakukan pemeriksan awal. Kami menyerahkan para pelaku bersama barang bukti selanjutnya diproses oleh Satresnarkoba Polresta Ambon,” ungkapnya.

Saiful Sahri menegaskan Lapas Ambon berkomitmen dengan jajaran kepolisian untuk memerangi terhadap penyebaran narkoba dalam Lapas. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!