Sekilas Info

20 Tenaga Pranata Komputer Hasil Seleksi Terbuka Ikuti Pelatihan Dari Kemkominfo

AMBON - Sebanyak 20 orang tenaga pranata komputer IT (Information Technology) hasil seleksi terbuka di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, mengikuti pelatihan khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, AG Latuheru saat membuka pelatihan dimaksud Senin (26/4/2021), menjelaskan kondisi kemajuan zaman yang begitu cepat berdampak pada kebutuhan sumber daya manusia di bidang IT pada semua lini termasuk lembaga pemerintah.

“Dalam rangka meningkatkan efektivitas, efesiensi, serta kualitas pelayanan kepada masyarakat itulah maka Pemkot Ambon melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah melakukan perekrutan tenaga IT,” jelasnya.

Latuheru mengatakan, BKPSDM tidak hanya merekekrut, tetapi juga memberikan pelatihan kepada mereka yang dinyatakan lolos untuk meningkatkan kompetensi pada bidangnya masing–masing.

Usai pelatihan maka tenaga IT tersebut akan menduduki jabatan pranata komputer pratama dan pelaksana, programer website, programer aplikasi mobile, sistem analis, pengelola jaringan, desain grafis, dan pengelola perangkat multimedia dan ditugaskan pada Command Center Kota Ambon.

“Hal ini sejalan dengan program Smart City yang dilaksanakan Kota Ambon, sehingga pelayanan publik dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Olehnya itu dibutuhkan tenaga IT yang handal dalam pengelolaannya,” jelas Latuheru.

Ia berharap pelatihan ini, dapat diikuti dengan seksama sehingga berguna dalam meningkatkan kemampuan tenaga IT sebagai bagian dari ASN di lingkup Pemkot Ambon yang siap diterjunkan untuk melayani masyarakat.

“Saya yakin bahwa dengan mengikuti pelatihan ini, maka tenaga IT Pemkot Ambon dapat meningkatkan kapasitasnya dalam memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat,” ujarnya.

Pelatihan tenaga IT ini dijadwakan berlangsung selama tiga hari, dengan menghadirkan nara sumber Direktur Smart City, Kemkominfo Hasyim Gautama serta para praktisi dari PT. Lintas Arta.

Sebelumnya tenaga IT yang dinyatakan lolos ini telah mengikuti proses rekrutmen mulai dari pendaftaran secara online, seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan wawancara. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!