Sekilas Info

BPBD Ambon Sigap Tanggap Bencana Di Sejumlah Lokasi

AMBON – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon sigap dalam tanggap bencana yang menimpa sejumlah lokasi di Kota Ambon akibat diguyur hujan deras, Minggu (16/5/2021).

Bencana yang terjadi di sejumlah lokasi di Kota Ambon yaitu banjir yang melanda kawasan Waiheru serta longsor di Lorong Gadihu dan kawasan Ahuru.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Ambon, D Paays di Ambon, Minggu (16/5/2021) menjelaskan, sejak musim penghujan, BPBD Kota Ambon kerap melakukan koordinasi bersama BMKG terkait prakiraan cuaca di Kota Ambon.

“Dengan informasi yang diterima dari BMKG, kita kemudian melakukan koordinasi lanjutan bersama para Camat, Raja, Lurah, Kades dan meminta meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat, terlebih khusus masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana,” jelasnya.

Ia mengaku Tim BPBD Kota Ambon serta para relawan sejak pagi tadi telah melakukan pengawasan terhadap beberapa wilayah yang dianggap rawan bencana, dikarenakan hujan yang terus mengguyur Kota Ambon.

“Kita memang sudah melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap wilayah-wilayah yang dianggap rawan bencana, baik banjir maupun longsor, sehingga, ketika tadi ada laporan dari masyarakat, kita segera menuju lokasi,” ungkapnya.

Dikatakan, Tim BPBD yang datang ke lokasi juga sudah membawa bantuan tanggap darurat bagi masyarakat di tiga lokasi tersebut.

“Ada beberapa bantuan tanggap darurat yang sudah kita berikan kepada masyarakat di tiga lokasi yang mengalami musibah, yakni gerobak, terpal, sekop, karung dan beberapa alat lain yang diperlukan disana,” jelasnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada terhadap bencana manakala hujan yang turun dengan intensitas yang tinggi.

“Bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, terlebih pada saat musim penghujan seperti saat ini. Karena itu, kami meminta kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran sungai maupun lereng-lereng gunung untuk selalu waspada terhadap bencana banjir dan longsor. Selalu memperhatikan himbauan dan informasi dari Pemerintah Kota Ambo untuk meningkatkan kewaspadaan,” ungkap Paays. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!