Sekilas Info

Bursel Dapat Opini WDP dari BPK

PENYERAHAN LHP - Kepala BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Muhammad Abidin menyampaikan sambutan saat penyerahan LHP Pemkab Bursel, Jumat (29/5/2021).

AMBON - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku, memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan  (Bursel) tahun 2020.

Opini ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang sudah diserahkan, Jumat (29/5/2021) secara virtual oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Muhammad Abidin dan diterima oleh Sekda Bursel Iskandar Walla.

Dalam sambutannya, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Maluku, Muhammad Abidin menjelaskan, BPK menemukan permasalahan Sistem Pengendalian Intern dalam penyusunan laporan keuangan dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, yang antara lainnya yaitu belanja perjalanan dinas luar daerah tidak sesuai ketentuan, Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terdapat paket pekerjaan konstruksi belum dikenakan denda keterlambatan, penyertaan modal tidak sesuai ketentuan serta pengelolaan aset tetap belum memadai.

"Secara rinci permasalahan-permasalahan tersebut dijelaskan dalam Buku II Sistem Pengendalian Intern dan Kepatuhan terhadap Ketentuan Peraturan Perundang-undangan," jelas Abidin.

Permasalahan-permasalahan yang disebutkan tersebut, kata Abidin, diantaranya, pengelolaan dana BOS dan pengelolaan aset belum memadai tersebut, yang mempengaruhi kewajaran penyajian laporan keuangan, sehingga BPK memberikan opini WDP atas Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan Tahun Anggaran 2020.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, maka Pemerintah Daerah wajib menindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh BPK, selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima dan pihak DPRD dapat memanfaatkan serta menggunakan informasi yang kami sampaikan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan tersebut dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai peraturan perundang-undangan. Pemkab Bursel diharapkan juga untuk berupaya memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam penyusunan laporan keuangannya agar bisa meraih opini tertinggi," katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!