Sekilas Info

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Ambon, Ini Sejumlah Kegiatan Yang Digelar

AMBON – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 menjadi momen penting  untuk terus menggugah menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian publik tentang ekosistem dan pengelolaannya secara optimal.

Khusus di Maluku , telah melaksanakan beberapa kegiatan dan yang nanti akan dilaksanakan yaitu pemasangan jaring sampah di lima muara sungai di Teluk Ambon, kegiatan transplantasi terumbu karang yang akan difokuskan di Teluk Ambon dan Pulau Pombo serta kegiatan penanaman mangrove dan anakan pohon buah sebanyak  1.000 anakan.

Ini juga akan dimanfaatkan berbagai unsur dan komunitas termasuk MUI, GPM, katolik maupun lembaga swadaya masyarakat serta LSM.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Maluku, Kasrul Selang pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dipusatkan di pelataran Islamic Center Ambon, Kamis (10/6/2021) menegaskan, melalui momentum hari lingkungan hidup sedunia ini diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan.

Dikatakan, lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan khususnya di tingkat lokal sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan mengelola lahan tempat mereka dengan lebih baik.

Pemberdayaan masyarakat berkontribusi memajukan solusi lokal dan mendorong partisipasi aktif dalam restorasi ekosistem.

Menhut menegaskan, Peringatan Hari lingkungan sedunia tahun 2021 mengusung tema Ecosystem Restoration.

“Tema ini sejalan dengan semangat dan langkah-langkah Indonesia dalam arti luas pengelolaan lingkungan dan kehutanan yang meliputi memastikan pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan, restorasi dan rehabilitasi hutan dan kawasan guna mendukung upaya mengatasi krisis perubahan iklim, sebagai bagian dari upaya dalam pemulihan ekonomi nasional melalui kegiatan padat karya, penanaman serta rehabilitasi mangrove dan restorasi gambut,” tandasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!