Sekilas Info

Gubernur Maluku Dukung Gerakan 1.000 Startup Digital

AMBON – Gubernur Maluku, Murad Ismail mendukung terlaksananya Gerakan 1.000 Startup Digital di Maluku.

"Dibalik pandemi Covid 19 ini ternyata ada harapan atau hikmah yang dipetik salah satunya peluang bagi tumbuh dan berkembangnya startup digital yang memanfaatkan majunya teknologi informasi," ungkap Gubernur saat pertemuan membahas Gerakan 1.000 Start-Up Digital secara virtual, Jumat (23/7/2021).

Selain itu kata Gubernur, Hadirnya inovator lewat berbagai startup digital, tentu dapat berkontribusi bagi upaya bersama khususnya pemerintah dalam meningkatkan jumlah pengusaha di tanah air yang masih sedikit.

“Pemprov Maluku mendukung program ini sekaligus mengharapkan agar mahasiswa dapat memanfaatkan peluang melalui program ini, karna dengan startup peluang usaha akan akan lebih terbuka besar bahkan dapat menjangkau manca negara tanpa harus membuka toko atau lapak," katanya.

Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, untuk pertama kalinya menjadi salah satu kota yang terlibat dalam gerakan 1.000 Startup Digital di tahun 2021 ini

Universitas Pattimura akan menjadi salah satu mitra bagi upaya merealisasi Gerakan 1.000 Startup Digital.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diinisasiai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang telah berlangsung sejak tahun 2016, bertujuan untuk menumbuhkan minat generasi muda menjadi entrepreneur.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto mengaku gerakan ini adalah upaya bahu membahu oleh penggerak ekosistem startup di seluruh Indonesia.

“Kementerian Kominfo memfasilitasi agar tumbuh dan berkembang para teknopreneur di seluruh Indonesia, dimulai dari universitas, komunitas, dan juga para penggerak dibidang startup,” ungkapnya.

Melalui audensi yang dilaksanakan secara virtual, Regional Project Office 1000 Startup Digital,  M Ikhsan Tualeka dan Elvialiana Y Watopa, menjelaskan over view dan rencana pelaksanaan sosialisasi Gerakan 1000 Startup Digital kepada mahasiswa Unpatti nantinya digelar berbentuk seminar secara daring dan diharapkan  mahasiswa mampu memahami sekaligus  menjadi bagian dari gerakan ini.

"Target yang ingin dicapai ada pada bidang agrikultur, kesehatan, pendidikan, pariwisata, logistik dan maritim. Mahasiswa Unpatti diharapkan bisa menjadi pioner lahirnya startup digital yang mumpuni di Maluku," ujar Tualeka

Rektor Universitas Pattimura  Prof. M.J Saptenno, sangat mengapresiasi rencana sosialisasi Gerakan 1000 Startup Digital pada Universitas Pattimura.

"Startup adalah suatu aktivitas yang bisa menumbuhkan inovasi-inovasi serta kreativitas dan mendatangkan keuntungan, dan ini yang harus digagas dan dikembangkan kedepan," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!