Sekilas Info

Penjabat Bupati Tanimbar Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2022 Secara Virtual

AMBON, MalukuTerkini.com - Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar, Daniel Eduard Indey, mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar, Saumlaki, Rabu (1/6/2022).

Indey yang didampingi Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda dan Pimpinan SKPD terkait di lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dibawah sorotan tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".

Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Lapangan Pancasila - Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Turut berperan dalam upacara tersebut Ketua MPR Bambang Soesatyo selaku Pembaca Teks Pancasila. Wakil ketua DPR Lodewijk F Paulus berperan membacakan Pembukaan UUD 1945 serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berperan dalam memimpin doa setelah amanat dari inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila sebagai pemersatu dan bintang penuntun ketika Bangsa Indonesia mengalami ujian-ujian dan telah terbukti dalam perjalanan sejarah bangsa. Bahwa bangsa dan negara tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ungkapnya.

Presiden mengingatkan untuk selalu mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila melalui perwujudan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan serta mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan interaksi antar sesama anak bangsa.

“Inilah tugas seluruh komponen bangsa  menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa yang dapat diterima  manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat,” katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!