Sekilas Info

Dinkes Ambon Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

AMBON, MalukuTerkini.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Mengingat tingginya curah hujan di Kota Ambon, dapat membuat genangan air sehingga terjadinya sarang nyamuk yang bisa membawa wabah malaria dan Demam Berdarah Dengue  (DBD).

Ia mengakui, berdasarkan data hingga Agustus Kota Ambon tak memiliki kasus DBD.

"Sampai hari ini, belum ada laporan ditemukan kasus DBD. Tapi harus selalu antisipasi, karena jika hujan kemudian lalu berhenti dalam jangka waktu lama, maka terjadi penampungan air, dan itu kemungkinan besar terjadi DBD, karena genangan air itu bisa menimbulkan jentik nyamuk. Oleh karena, masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan mereka masing-masing," kata Pelupessy di Ambon, Kamis (11/8/2022).

Ia menjelaskan, di tahun 2021  kasus DBD  di Kota Ambon  meningkat hingga 118 kasus per Agustus 2021.

"Kami bersyukur hingga hari ini tidak ada kasus. Kalau kita lihat data, di tahun 2021 kasus cukup tinggi dan  angka itu bahkan meningkat drastis, jika dibandingkan tahun 2020 pada bulan yang sama hanya terjadi 51 kasus," jelasnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!