Sekilas Info

Jelang HUT ke-77 TNI AL, Lantamal Ambon Gelar Bakti Kesehatan di KAL Alkura

AMBON, MalukuTerkini.com – Menjelang HUT ke-77 TNI Angkatan Laut pada 10 September 2022, Lantamal IX Ambon menggelar Bhakti Kesehatan.

Bakti kesehatan digelar di atas geladak Kapal Angkatan Laut Alkura III-9-14 yang bersandar di Dermaga Irian. Lantamal IX Ambon, Selasa (6/9/2022).

Bakti kesehatan diantaranya donor darah, pembersihan plak dan karang gigi gratis serta khitanan massal.

Donor darah dan khitanan massal dilaksanakan di atas geladak KAL Alkura dan berlayar mengelilingi perairan Teluk Dalam Kota Ambon, sedangkan untuk pembersihan plak dan karang gigi gratis diselenggarakan di Rumkital FX Suhardjo Lantamal Ambon.

Pada kesempatan tesebut, juga dilakukan pemberian tali asih berupa bingkisan kepada anak-anak peserta khitan.

Pelaksanaan khitanan massal yang dipimpin oleh Karumkital FX Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) Eka Purwanto.

Jumlah peserta khitanan sebanyak 125 orang. Peserta yang didominasi oleh anak-anak ini berasal dari Negeri Tial, Negeri Tengah-tengah, Muallaf Center dan Desa Waiheru.

Sedangkan untuk donor darah dan pembersihan plak serta karang gigi gratis dipimpin oleh Kadiskes Lantamal IX Ambon Mayor Laut (K) Rully Yusman dengan peserta donor darah 125 orang, terdiri dari personel Polda Maluku, Kodam XVI Pattimura, Lanud Pattimura, KKP, Guspurla Koarmada III, prajurit Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX Ambon, serta sebanyak 123 anak-anak dari SD dan SMP Hang Tuah mengikuti pembersihan plak dan karang gigi secara gratis.

Sebanyak 43 tenaga kesehatan terlibat dalam kegiatan ini. Untuk jajaran Lantamal IX, selain di Mako Lantamal IX kegiatan juga dilaksanakan di Lanal Tual, Lanal Aru dan Lanal Saumlaki.

Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut pada masyarakat serta merupakan salah satu komitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat kita yang kurang mampu sehingga bisa memberikan layanan kesehatan dan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!