Sekilas Info

100 Personel Brimob Maluku Dikerahkan Amankan Papua

AMBON, MalukuTerkini.com – Satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Satuan Brimob Polda Maluku dikerahkan ke Papua, Selasa (20/9/2022) dinihari.

Pengerahan 100 personel itu untuk di-BKO-kan di Polda Papua guna penugasan pengamanan mengantisipasi meningkatnya eskalasi gangguan kamtibmas di wilayah tersebut pasca ditetapkannya Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ratusan personel Brimob itu berangkat ke Jayapura – Papua dengan menggunakan pesawat Lion Air Boeing 737-900 dengan nomor register PK-LOR.

Pesawat dengan nomor penerbangan JT-5799 yang dipiloti Faisal Dharmansah itu take off dari Bandara Pattimura, Ambon, Selasa (20/9/2022) pukul 02.00 WIT dan terbang langsung ke Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. Pesawat tersebut mendarat di Bandara Sentani pukul 04.30 WIT.

Para personel tersebut dilepas dalam upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Letkol (Purn) Chr Tahapary, Tantui – Ambon, Senin (19/9/2022) malam. Upacara tersebut dipimpin Kepala Biro Operasional Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih oleh Kepala Biro Operasional Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin kepada Komandan Batalyon Penugasan Kompol Denny Sandera (Komandan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku).

Kompol Denny Sandera juga dipercayakan sebagai Komandan Batalyon Penugasan yang membawahi 200 personel yang terdiri dari 100 personel Brimob Polda Maluku dan 100 personel Brimob Polda Sulawesi Utara.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Matheus Dostan Siregar kepada malukuterkini.com, Selasa (20/9/2022) mengaku pemberangkatan ratusan personel Brimob Maluku untuk tugas BKO di-Polda Papua.

"Jumlah yang BKO ke Polda Papua sebanyak 100 personel Dipimpin oleh Kompol Denny Sandera  guna penugasan pengamanan mengantisipasi meningkatnya eskalasi gangguan kamtibmas di wilayah tersebut," jelasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!