Sekilas Info

Dongkrak PAD Tanimbar, Ini 4 Lokasi yang Bakal Dikenakan Retribusi Parkir

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Buce Kelwulan

SAUMLAKI, MalukuTerkini.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Tanimbar berencana memberlakukan sistem parkir pada empat titik yang telah ditentukan.

Lokasi yang disasar yaitu Bandara Mathilda Batlayeri, Pelabuhan Yos Sudarso Saumlaki, Pelabuhan Feri Saumlaki, serta dua pelabuhan di Larat, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut).

"Jadi, yang masuk ke sana akan diportal dengan pintu otomatis. Jika ingin masuk, pengunjung harus memencet tombol karcis lebih dulu," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kabupaten Kepulauan Tanimbar Buce Kelwulan di Saumlaki, Senin (17/10/2022).

Seperti diketahui, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Kepulauan Tanimbar merosot tajam. Retribusi parkir menjadi sektor paling disorot. Untuk mencegah potensi kebocoran ini, solusinya yaitu menerapkan adanya palang parkir otomatis.

Kelwulan mengaku, ada empat portal keluar masuk yang rencananya nanti akan dipasang.

“Hingga saat ini, dishub dinilai belum pernah mencapai target pendapatan dari retribusi parkir. Terus terang kami tidak bisa memenuhi target itu karena kurang sarana-prasarana. Padahal potensinya jika digarap secara maksimal akan memberikan PAD yang besar," ungkapnya.

Ia merincikan, dari target PAD dari sector perparkiran sebesar Rp 900 juta, ternyata hingga bulan awal Oktober 2022 ini, baru mencapai Rp 56 juta saja.

Menurut Kelwulan, sejauh ini pengawasan pihaknya terhadap petugas parkir dilapangan dirasa sulit. Akibat banyak kebocoran.

Ia mencontohkan, untuk retribusi parkiran di Larat, dari total yang ditarik, misalnya Rp 400.000, yang disetor hanyalah Rp 100.000.

”Dengan adanya sistem ini, semoga PAD dari retribusi parkir nanti meningkat. Kita lihat saja,” katanya. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!