Sekilas Info

Unpatti Gandeng Perguruan Tinggi Luar Negeri Gelar Workshop Internasional

AMBON, MalukuTerkini.com - Universitas Pattimura (Unpatti) bersama  British Council University Collage London (UCL), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Orela Shipyard menggelar The International Workshop On Research Collaboration Newton Institutional Links Grant di Aula Lantai II Gedung Rektorat Unpatti, Selasa kemarin (18/10/2022)

Kegiatan yang mengusung tema “Safety of Fishing Vessels – New Developments” ‘Strategy of Writing Scientific Article and Reserch Proposal’ menghadirkan  Keynote Speakers Prof. GilesThomas  dan Andrea Grech La Rosa dari UCL dan diikuti oleh para dekan, para dosen dalam lingkup Unpatti, dan mahasiswa Fakultas Teknik Unpatti.

Kegiatan ini mendatangkan tim peneliti  dari ITS yaitu Profesor I Ketut Aria Pria Uama, FRINA,  Ir Dony Setyawan, ST., MEng, IPU dan Soegeng Riyadi ST., MT., MRINA, dan tim peneliti dari Cranfield University Dr. Loufeng Huang.

Ketua Penyelenggra Workshop yang juga tim Peneliti dari Universitas Pattimura Dr. Ir. WR Hetharia, M.App.Sc. FRINA dalam sambutannya mengatakan workshop penelitian kolaborasi ini mendapatkan hibah dari Newton Institutional Links Grant-British Council dengan personal tim peneliti yang terdiri dari staf dari University College London, ITS Surabaya, Universitas Pattimura dan galangan kapal Orela Surabaya. Penelitian tersebut berkonsentrasi pada dampak Covid-19 dan keselamatan kapal di sektor maritim.

”Saya sendiri, diminta untuk mengelola keselamatan kapal penangkap ikan, yang hasil penelitiannya berupa: makalah publikasi, rekomendasi dan aspek teknis mengenai keselamatan kapal” ujarnya.

Hetharia berharap workshop ini dapat berjalan dengan baik dan para peserta dapat mengambil manfaat dari ilmu juga pengalaman dari tugas-tugas para peneliti.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Tim Riset yang dipimpin oleh Prof. Giles Thomas dan seluruh anggota tim riset lainnya yang telah melibatkan Universitas Pattimura dalam Riset Kolaborasi Newton Institutional Links Grant – British Council.

Kolaborasi riset yang telah dibangun oleh tim dari UCL, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Pattimura dan Orela Shipyard Surabaya telah menghasilkan outcome yang berkontribusi untuk ilmu pengetahuan terutama dalam bidang kemaritiman.

“Hal ini merupakan suatu kerjasama yang luar biasa dimana dimana staf kami dari Universitas Pattimura telah turut berkontribusi dengan tim ini pada tingkat internasional”, ucapnya.

Lanjut dikatakan, kegiatan workshop ini dilakukan selamat 3 hari dari tanggal 18 – 20 Oktober 2022. Untuk hari pertama dan kedua dilakukan di Aula Rektorat Universitas Pattimura yang mana 2 hari dikonsentrasikan pada strategi penulisan artikel ilmiah dan proposal penelitian serta pembahasan mengenai dampak Covid-19 terhadap kapal penangkap ikan, kegiatan hari ketiga dilakukan di Desa Hitu bersama dengan para nelayan yang berfokus pada aplikasi untuk mengevaluasi keselamatan kapal-kapal perikanan kecil.

Beliau berharap sesungguhnya kegiatan riset kolaborasi ini dapat membawa dampak positif untuk pengembangan SDM bagi perguruan tinggi serta aplikasi inovasi riset untuk para penggunanya.

“Harapan kami juga bahwa kegiatan workshop saat ini dapat menjadi pemicu untuk staf Universitas Pattimura sehingga dapat mengembangkan diri dengan memanfaatkan peluang dana riset serta publikasi internasional sehingga secara global Universitas Pattimura akan berkembang pada tingkat yang lebih tinggi,” jelas Tjiptabudy

Mewakili Tim Riset, Prof. Giles Thomas dari UCL mengatakan, kesempatan yang diberikan sangat luar biasa dalam membangun kerjasama dengan Universitas Pattimura tetapi juga melaksanakan beberapa penelitian terkait program yang telah dirancangkan.

Dikatakan, kedatangan  di Universitas Pattimura bukan hanya untuk membicarakan penelitian saja tetapi juga membagikan pengalaman untuk mengembangkan penelitian, sehingga lewat kegiatan ini lebih berfokus pada penulisan jurnal dan bagaimana untuk mendapatkan hibah penelitian.

Beliau berharap, lewat kegiatan yang dilakukan hari ini dan melalui kerjasama ini maka para peneliti serta staf dari Universitas Pattimura dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dan sesi foto bersama. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!