Sekilas Info

Simak! Ini Spesifikasi Motor MotoGP YZR-M1 2023 yang Rilis di Indonesia

JAKARTA, MalukuTerkini.com - Tim Monster Energy Yamaha sudah merilis tunggangan terbaru Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di Jakarta, Selasa (17/3/2023).

Perubahan paling utama pada motor Yamaha YZR-M1 ini ada pada livery-nya. Namun warnanya masih identik dengan versi sebelumnya yakni hitam-biru ala Yamaha Factory Racing blue dan Monster Energy black.

Soal ubahan teknis tidak diungkap secara gamblang. Secara garis besar, spesifikasi Yamaha YZR-M1 untuk berlaga di MotoGP tidak berubah. Tim Yamaha melakukan penyempurnaan agar motor bisa menjadi yang terdepan.

General Manager Motorsports Development Division of Yamaha Motor Racing, Takihiro Sumi menjelaskan salah satu pengembangan YZR-M1 di area top speed.

"Sebuah kehormatan besar untuk membuka aktivitas MotoGP 2023 di Jakarta. Untuk musim ini target kami tentunya berusaha merebut kembali gelar juara dunia. Kami bekerja sangat keras untuk mengembangkan M1 agar Quartararo dan Morbidelli bisa melawan rival," ujar Sumi saat perilisan tim MotoGP di Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023).

Menariknya hanya Yamaha yang menggunakan mesin in-line four tahun ini di MotoGP. Motor tunggangan Quartararo dan Morbidelli ini menggendong mesin 1.000 cc berpendingin cairan. Mesin itu mengusung konfigurasi empat silinder segaris dengan crossplane crankshaft. Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Di atas kertas, mesin mampu menyemburkan tenaga hingga lebih dari 240 daya kuda. Sehingga kecepatan lebih dari 350 km/jam bisa dipacu di atas lintasan.

YZR-M1 juga masih menggunakan sasis aluminium twin-tube Delta Box dengan multi-adjustable steering geometry. Di belakang juga terdapat swingarm aluminium.

Untuk menunjang kestabilan ketika menikung, Yamaha YZR-M1 dibekali suspensi depan upside down Ohlins dan suspensi belakang dari Ohlins juga. Sistem ECU dipasok oleh Magneti Marelli sesuai regulasi FIM.

Beranjak ke area kaki-kaki, YZR-M1 memakai pelek forged magnesium berukuran 17 inci di depan dan belakang. Pelek itu dibalut ban Michelin 17 inci dengan konfigurasi slick untuk lintasan kering dan ada pula ban basah.

Tenaga yang besar hingga kecepatan tinggi tentunya membutuhkan sistem pengereman yang mumpuni. Motor balap andalan Rossi dan Vinales ini dilengkapi dengan rem Brembo dua piringan di depan dengan ukuran 320 mm atau 340 mm karbon beserta kaliper empat piston di masing-masing piringan. Di belakang terdapat rem dengan piringan stainless steel.

Motor ini punya bobot 157 kg sesuai regulasi FIM. Itulah spesifikasi YZR-M1. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!