Sekilas Info

Bekali 169 Bintara Remaja, Irwasda Maluku: Hindari Pelanggaran!

AMBON, MalukuTerkini.com - Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Maluku, Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar meminta 169 Bintara Polri untuk menghindari semua bentuk pelanggaran.

Hal itu disampaikan Irwasda saat memberikan pembekalan kepada ratusan Bintara Remaja Polri lulusan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Gelombang II Tahun 2022, di SPN Polda Maluku, Passo, Ambon, Rabu (18/1/2023).

Saat memberikan pembekalan, Irwasda didampingi Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol Denny Y Putro dan Kabag Binkar Biro SDM Polda Maluku AKBP Romi Agusriansyah S.IK.

"Kalian saat ini bukan lagi masyarakat, bukan lagi mahasiswa namun sudah menjadi anggota Polri yang terikat dengan aturan/etika Profesi, pakaian yang kalian pakai dengan yang saya pakai saat ini sama hanya membedakan pangkat saja jadi kita harus dapat menjadi teladan kepada masyarakat, maka saya minta kalian harus pandai menempatkan diri saat nanti kalian bertugas di lapangan, karena masyarakat akan menilai kalian. Olehnya sebab itu saya minta jaga nama baik lembaga ini, jaga nama baik diri kalian sebagai anggota Polri dan jaga nama baik keluarga kalian," tandasnya.

Irwasda meminta seluruh Bintara Polri yang baru dilantik ini, untuk dapat menghindari semua tindakan tercela dan pelanggaran.

"Saya minta kalian dapat menghindari semua bentuk tindakan tercela atau pelanggaran, saya sudah banyak pengalaman saat menjadi Kabid Propam, yang saya urus itu kebanyakan masalah atau pelanggaran yang dilakukan oleh Polisi yang baru dilantik seperti adik adik saat ini, sehingga saya minta kalian semua jangan coba-coba ada yang melakukan pelanggaran," tandasnya.

Para Bintara juga diminta tidak cengeng bila ditugaskan jauh dari keluarga. Mental Bintara harus kuat dan berjiwa petarung. Sebab, saat masuk Polisi semua sudah membuat pernyataan untuk siap ditempatkan di mana saja di wilayah NKRI.

"Saya ingatkan sekali lagi jangan sampai  kalian baru bertugas sehari di tempat yang jauh kalian sudah minta untuk dipindahkan ke wilayah Kota Ambon dengan alasan yang bermacam-macam, kalian kan sudah digaji oleh negara sehingga hal tersebut sudah menjadi konsekuensi kita sebagai anggota Polri untuk siap melaksanakan tugas-tugas negara dalam memelihara kamtibmas dan melayani masyarakat di seluruh wilayah NKRI," ungkapnya.

Irwasda meminta Bintara Polri untuk selalu beryukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Syukuri apa yang telah diraih, dan ingatlah bagaimana susahnya perjuangan hingga sampai di titik ini.

"Cintailah pekerjaan kalian ini karena di luar sana masih banyak orang yang susah tidak memiliki pekerjaan tetap. Olehnya itu hindari semua bentuk pelanggaran, laksanakan tugas dengan ikhlas dan sungguh-sungguh sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Karena kalian adalah kebanggaan keluarga dan orang tua yang ada di rumah sana, hindari perilaku yang dibenci masyarakat seperti suka mabuk-mabukan, narkoba, ugal-ugalan dengan kendaran di jalan raya dan bahkan menjadi sumber masalah yang membuat masyarakat benci terhadap kita Polri," katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!