Sekilas Info

Pemkot Ambon Canangkan Jumpa Berkah

AMBON, MalukuTerkini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mencanangkan Program Jumat Pagi Berbagi Zakat, Infaq dan Sedekah (Jumpa Berkah) yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (27/1/2023).

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan Tim Pengerak PKK Kota Ambon.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengatakan, Jumpa Berkah merupakan sebuah gerakan kemanusiaan yang digagas oleh Pemkot Ambon.

"Hari ini kita mencanangkan Jumpa Berkah, serta MoU antara Baznas  dengan Tim pengerak PKK. Kita mencanangkan sebuah gerakan kemanusian sebagai wujud perhatian dan keberkahan sesama manusia," katanya.

Dijelaskan, zakat  merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan bersama setiap umat Islam yang mampu sesuai dengan syariat Islam.

“Zakat sebagai pranata memiliki tujuan yang luhur meningkatkan kesejaterah rakyat. Zakat perlu dilakukan sesuai kelembagaan menurut Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelola zakat,” jelasnya.

Ia mengakui, Pemkot Ambon telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota nomor 23 tahun 2022 tentang Sistem Pengelola Zakat Pada Lingkup Pemkot Ambon dalam upaya mendorong dalam peningkatan ketahanan kemiskinan dan ketahana sosial tak hanya sampai disitu membantu tugas dan tanggujawab Baznas Kota Ambon

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kota Ambon kepada Baznas dalam membantu dalam menurukan angka kemiskinan penanganan stunting, kekerasan terhadap anak dan membangun rumah layak huni," ungkapnya.

Wattimena berharap, ini dapat membantu pemkot untuk mensejahterakan masyarakat yang harmonis dalam upaya membangun Kota Ambon. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!