Sekilas Info

6.182 Personel Dikerahkan Amankan KTT ASEAN

AMBON, MalukuTerkini.com – Sebanyak 6.182 personel yang dikerahkan dalam rangka pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Apel Pasukan Pengamanan KTT ASEAN tersebut di Jakarta, Jumat (1/9/2023).

"Khusus operasi kepolisian, Polri melibatkan sebanyak 6.182 personel dengan dukungan sarpras modern yang terintegrasi melalui Command Center Polri, untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kelancaran mulai dari kedatangan, walrolakir, venue, akomodasi sampai dengan kepulangan delegasi," kata Kapolri dalam sambutannya, Jumat (1/9/2023).

Sigit mengatakan bahwa pengamanan nantinya akan dibagi dalam tiga kawasan. Adapun Polri bertanggung jawab pada ring III.

"Pola pengamanan akan dibagi ke dalam 3 kawasan utama, yaitu kawasan Pusat, Selatan, Timur. Terdapat pembagian tugas pengamanan venue dan akomodasi, di mana Paspampres bertanggung jawab pada Ring I, TNI bertanggung jawab pada Ring II, dan Polri bertanggung jawab pada Ring III serta pengamanan VIP," katanya.

Ia juga menegaskan pentingnya sinergitas antara institusi serta mewanti-wanti para personel untuk siap menghadapi berbagai macam ancaman.

"Oleh karena itu, sinergitas dan soliditas antara seluruh unsur terkait merupakan kunci utama keberhasilan operasi. Koordinasi dan komunikasi harus terjalin dengan baik agar seluruh rangkaian kegiatan pengamanan dapat berjalan secara optimal. Dalam melaksanakan pengamanan tentunya kita akan dihadapkan pada situasi dinamis. Untuk itu, seluruh personel harus selalu waspada dan memiliki sense of crisis terhadap potensi ancaman sekecil apapun mulai dari unjuk rasa, gangguan lalu lintas, serangan siber, sampai dengan situasi kontijensi terorisme dan bencana alam yang mungkin terjadi. Pastikan setiap personel memahami tugas dan cara bertindak yang telah dipersiapkan," tandasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga