Sekilas Info

Polisi Kawal Distribusi Sampul & Surat Suara DPD ke Enam Kabupaten

AMBON, MalukuTerkini.com - Personel Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Polda Maluku kembali mengamankan dan mengawal distribusi surat suara Pemilihan DPD RI dan sampul surat suara Pemilu 2024 ke enam Kabupaten di Maluku, Senin (8/1/2024).

Enam kabupaten yang dilakukan pendistribusian logistik pemilu diantaranya Kepulauan Aru, Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Timur (SBT), Buru dan Buru Selatan (Bursel).

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M Roem Ohoirat, mengatakan, khusus untuk Kepulauan Aru, pengiriman surat suara DPD RI sebanyak 148 koli dilakukan menggunakan KM Nggapulu.

Sementara untuk Kabupaten SBB, Malteng, SBT, Buru, dan Bursel, dilakukan pengiriman sampul surat suara.

Sampul surat suara yang dikirim diantaranya untuk kabupaten SBB sebanyak 70 koli dan 4 pak; Malteng 81 koli; SBT 52 koli dan 1 pak; Buru 49 koli, dan Bursel 32 koli.

Proses pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu tersebut dilakukan sejak proses pembongkaran yang berlangsung di Pelabuhan Terminal Peti Kemas Ambon, hingga ke daerah tujuan.

"Hari ini kami mengamankan dan mengawal pengiriman logistik Pemilu. Untuk ke KPU Aru berupa surat suara DPD RI. Sedangkan untuk pengiriman ke SBB, Malteng, SBT, Buru dan Bursel yaitu berupa sampul surat suara," ungkapnya.

Pengiriman logistik pemilu tersebut dilaksanakan dengan menggunakan jalur laut maupun darat. Untuk jalur darat yaitu SBB, Malteng, SBT, Buru, dan Bursel.

"Artinya logistik pemilu diangkut dengan truk dari Ambon sampai ke daerah masing-masing. Nanti menggunakan kapal fery penyeberangan. Sementara untuk jalur laut seperti Aru yang menggunakan KM Nggapulu," jelasnya.

Setiap daerah yang dituju, katanya, akan dikawal oleh minimal dua anggota Polda Maluku. Pengawalan dilakukan dari Ambon sampai ke tempat penyimpanan logistik pemilu milik KPU setempat.

"Kami berharap proses pengiriman berjalan aman dan lancar hingga tiba di gudang penyimpanan milik KPU masing-masing," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!