Sekilas Info

Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Maluku, Murad Komitmen Atasi Kemiskinan

PELANTIKAN GUBERNUR – Murad Ismail dan Barnabas Orno usai dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

JAKARTA - Murad Ismail dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur Maluku. Murad komitmen untuk mengentaskan kemiskinan di Maluku.

Mantan Kepala Korps Brimob Polri itu mengaku tidak ada pesan khusus dari Jokowi saat dirinya resmi dilantik sebagai Gubernur Maluku. Murad mengatakan Jokowi hanya senang akhirnya bisa melantik dirinya dan Barnabas Orno sebagai Wakil Gubernur Maluku.

"Tidak ada pesan khusus. Presiden hanya mengatakan selamat. Beliau sangat senang karena hari ini beliau bisa melantik kami berdua. Karena kemarin itu karena kesibukan beliau dan acara yang tidak bisa ditunda akhirnya kita dilantik sekarang. Hanya itu, Beliau ucapkan selamat," kata Murad di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Murad lantas menjelaskan komitmen dirinya setelah resmi menjabat. Dia mengatakan untuk mencalonkan sebagai Gubernur Maluku dia harus melepas jabatan Kepala Korps Brimob yang sebelumnya dia emban.

"Ada empat perkara besar yang saya harus kembali ke Maluku. Dengan meletakkan saya punya jabatan sebagai Dankor Brimob dan melepaskan pangkat saya bintang dua. Yang pertama, Maluku termiskin ketiga dari 34 provinsi. Yang kedua pengangguran nomor satu. Yang ketiga pelayanan publik kurang begitu bagus, terutama pelayanan pendidikan dan kesehatan. Dan keempat tidak ada investor yang masuk Maluku secara terbuka. Banyak sekali investor yang di Maluku, tapi di bawah tangan dan tertutup. Ini yang akan saya buka," jelasnya.

Murad juga berjanji untuk membuat persoalan perizinan di Maluku jadi transparan. Untuk saat ini, dia akan moratorium sementara proses perizinan.

"Semua investor masalah pertambangan ataupun kita harus bikin terbuka atau transparan dan sekarang kita moratorium dulu. Semua investor di Maluku kita moratorium. Kita lihat lagi kira-kira dia berguna nggak buat masyarakat sana, itu pertama. Yang kedua dia berguna nggak untuk provinsi dan kabupaten dia ada di situ. Karena kalau dia ambil kita punya semua kekayaan alam kita dapat apa? ," katanya.

Tak hanya itu, Murad juga berkomitmen untuk mengentaskan kemiskinan di Maluku. Dia menyebut ini adalah tugas utama Gubernur Maluku.

"Pertama bagaimana bisa mengentaskan kemiskinan. Dan yang kedua dia bisa mensejahterakan masyarakatnya. Tambah satu lagi bisa menjaga dan mempertahankan sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan akan datang. Itu tujuan mulia kita. Itu mimpi kami berdua untuk Maluku sejajar dengan provinsi lain. Maluku selama ini tertinggal jauh sekali dari Papua, dari mana-mana. Ini kita akan kembalikan agar sejajar dengan provinsi-provinsi lain," jelasnya. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!