Sekilas Info

Murad – Orno Resmi Jadi Gubernur & Wagub Maluku

PELANTIKAN GUBERNUR MALUKU - Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Gubernur Maluku Murad Ismail usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku periode 2019-2024. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden Nomor 189/P Tahun 2018 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku periode 2019-2024 kepada keduanya di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam penyerahan petikan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama menteri dan kepala daerah yang dilantik itu berjalan kaki menuju Istana Negara.

Hujan rintik menemani jalan kaki para pejabat tersebut ke Istana Negara yang hanya berjarak sekitar 100 meter. Perjalanan ini juga diiringi pasukan kirab kehormatan.

Setibanya di Istana Negara, Murad dan Orno langsung berdiri di tengah ruang utama. Proses pelantikan pun dimulai pukul 14.15 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya, pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 189/P Tahun 2018 Tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019-2024 yang ditetapkan di Jakarta pada 28 September 2018. Presiden Jokowi kemudian menanyakan kesediaan Murad dan Orno untuk diambil sumpah jabatan.

"Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah suadara-saudara mengucapkan sumpah menurut agama masing-masing?" kata Jokowi.

"Bersedia," jawab Murad dan Orno.

"Demi Allah saya bersumpah (Demi Tuhan saya berjanji) bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi diikuti oleh Murad dan Orno.

Setelah pembacaan sumpah, Murad dan Orno menandatangani berita acara pelantikan sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku 2019-2024 di hadapan Presiden Jokowi. Usai Murad dan Orno menandatangani, Presiden Jokowi juga membubuhkan tanda tangan di dokumen itu.

Upacara juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, MenPAN RB Syafruddin, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Murad Ismail adalah purnawirawan perwira tinggi Polri dengan jabatan terakhir Kakor Brimob Polri, sedangkan Barnabas Orno  Bupati Maluku Barat Daya.  Keduanya diusung oleh koalisi PDIP, Gerindra, PPP, NasDem, Hanura, PAN, PKB, PKPI dan juga Perindo.

Murad - Orno terpilih pada Pilkada Maluku yang berlangsung 27 Juni 2018.  Dengan 328.982 suara, sementara pasangan petahana Said Assagaff yang berpasangan dengan Andre Rentanubun menempati urutan kedua dengan 251.036 suara, dan posisi ketiga adalah paslon Herman Koedoeboen - Abdullah Vanath yang meraih 225.636 suara.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Maluku 2018 sebanyak 1.149.990 pemilih dan tersebar pada 3.358 TPS yang di 11 kabupaten/kota, hanya 814.038 pemilih yang menggunakan hak pilihnya sementara jumlah surat suara sah hanya 805.654.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih yang rencananya dilakukan pada 11 Maret 2019 seiring berakhirnya kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff-Zeth Sahuburua, namun kemudian ditunda karena saat itu semua pemerintah pusat fokus ke perhelatan Pemilu 2019. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!