Sekilas Info

Sang Saka Merah Putih Berkibar di Teluk Ambon

AMBON – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Polda Maluku tahun ini berbeda dari sebelumnya.

Lazimnya upacara peringatan berlangsung di lapangan upacara. Namun tahun ini, upacara peringatan berlangsung di Teluk Ambon.

Bahkan upacara yang berlangsung tak jauh dari Jembatan Merah Putih Sabtu (17/8/2019) itu dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa sebagai inspektur upacara.

Upacara yang dilangsungkan di perairan Teluk Ambon itu, dikuti seluruh Pejabat Utama di jajaran Polda Maluku, personel Polda Maluku dan pengurus Bhayangkari serta masyarakat di sekitar Teluk Ambon.

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa sebagai inspektur upacara berada di atas Rigid Inflatable Boat (RIB) milik Ditpolairud Polda Maluku. Sementara Komandan Upacara, AKBP Apeles Letty berada di RIB berbeda yang berukuran lebih kecil dari yang digunakan Kapolda.

Sementara para pejabat utama Polda Maluku serta penggerang bendera berada di atas geladak Kapal Polisi KP Teluk Ambon XVI-3002.  Tiang bendera terletak di anjungan KP Teluk Ambon XVI-3002.

Sedangkan para personel peserta upacara berada di sejumlah kapal sesuai dengan asal satuan kerjanya, seperti Satuan Brimob, Ditsabhara, Ditpolair, Ditlantas, Ditpamobvit, Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan PNS Polda Maluku.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, pemolisian di era demokrasi harus bertumpu pada upaya meraih kepercayaan masyarakat, dengan cara penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas, dan juga akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi.

“Pemolisian di era demokrasi terselenggara dengan optimal bila didukung kualitas SDM Polri yang unggul, tersedianya personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas, memiliki integritas, moral perilaku yang luhur, serta kesamptaan jasmani yang prima,” katanya.

Menurutnya, dalam tataran operasional, Polri akan menghadapi berbagai agenda nasional, dalam tahapan akhir Pemilu 2019, Polri akan mengamankan Pengucapan Sumpah/Janji anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, DPR RI serta Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 2019, juga pengamanan hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Untuk menghadapi berbagai agenda pengamanan tersebut, saya berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan keaspadaan dalam pelaksanaan tugas dan menjalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan TNI, Pemda, dan seluruh elemen masyarakat.

“Lakukan deteksi dini terhadap setiap gangguan kamtibmas, agar terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata,” ungkap Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Maluku. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!