oleh

Bangkai Ikan Paus Terdampar di Negeri Lilibooi

-Daerah-2.086 views

AMBON – Bangkai seekor ikan paus bungkuk atau Humpback Whale (megaptera novaeangliae) terdampar di pesisir Negeri Lilibooi, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, Jumat (30/8/2019).

Informasi yang dihimpun malukuterkini.com, Jumat (30/8/2019) terungkap bangkai ikan paus tersebut mulai terlihat mengapung dan terdampar sekitar pukul 12.30 WIT.

.

IDENTIFIKASI – Petugas dari Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Sorong Satker Ambon melakukan identifikasi bangkai ikan paus bungkuk atau Humpback Whale (megaptera novaeangliae) yang terdampar di pesisir Negeri Lilibooi, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Malteng, Provinsi Maluku, Jumat (30/8/2019).

Salah seorang warga Negeri Lilibooi, Loli Tuhumena dalam di akun facebook-nya, Jumat (30/8/2019) menjelaskan, kronologis paus tersebut mulai terlihat hingga terdampar.

“Ibu saya yang awalnya melihat ada benda yang aneh terapung di laut. Semula diduga benda tersebut adalah sebatang kayu ataupun pelampung yang terapung di laut. Namun ternyata itu adalah bangkai ikan paus yang terombang-ambing hingga terdampar di pantai Negeri Lilibooi,” jelasnya.

Hal itu, kata Loli dalam akun FB-nya, membuat warga masyarakat Negeri Lilibooi merapat ke pesisir pantai.

“Bukan saja masyarakat setempat melihatnya, namun adapun masyarakat yang mengendarai mobil ataupun sepeda motor yang melintasi Negeri Lilibooi turun dari kendaraannya dan melihat paus yang terdampar,” katanya.

TERDAMPAR – Bangkai ikan paus bungkuk atau Humpback Whale (megaptera novaeangliae) yang terdampar di pesisir Negeri Lilibooi, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Malteng, Provinsi Maluku, Jumat (30/8/2019).

Menurutnya, sekitar 15.30 WIT, petugas dari petugas dari Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Sorong Satker Ambon datang ke lokasi untuk mengidentifikasi paus tersebut.

“Mereka juga bertanya kepada beberapa warga setempat terkait hal tersebut. Ternyata, warga masyarakat Lilibooi telah mencium bau bangkai dari pagi hari, tapi tidak tahu bau itu berasal dari bangkai paus,” ungkap Loli.

Ia menambahkan, sesuai hasil identifikasi yang dilakukan oleh sejumlah petugas dari Loka PSPL Sorong Satker Ambon, terungkap bangkai ikan tersebut merupakan ikan paus bungkuk/humpback whale (megaptera novaeangliae) dengan ukuran panjangnya sekitar 8,2 meter. Setelah diidentifikasi bangkai paus tersebut dibakar. (MT-03)

Komentar

News Feed