oleh

TNI dan PLN Jalin Kerja Sama Bidang Pengamanan dan Pemeliharaan

-Keamanan-81 views

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjalin kerja sama di bidang pengamanan dan pemeliharaan keandalan sistem ketenagalistrikan dalam bentuk Nota Kesepahaman.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara TNI dan PLN dilakukan oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Pelaksana Tugas Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani di Ruang Hening Gedung Soedirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengatakan penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan untuk memberikan pengamanan dan kelancaran operasional serta mencegah jangan sampai peristiwa blackout terulang kembali, karena tanpa listrik semuanya tampak gelap.

“Kerja sama ini akan ditindaklanjuti terus untuk menjamin kelancaran operasional PLN bisa terjaga,” ujarnya.

CINDERAMATA – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan cinderamata kepada Pelaksana Tugas Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani disela-sela penandatanganan nota kesepahaman di Ruang Hening Gedung Soedirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, kerja sama yang dimaksud yang pertama adalah bagaimana untuk mengamankan wilayah transmisi sepanjang jalur dari segala hal atau sesuatu yang menghalangi, sehingga tidak terjadinya gangguan listrik seperti peristiwa di Ungaran beberapa waktu lalu.

“Jangan sampai kayu sengon membuat blackout di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Dikatakan, peran TNI yang akan dilakukan oleh Bais TNI adalah komunikasi sosial dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya menanam pohon di bawah kabel PLN. “Bais TNI juga tidak hanya membantu di lapangan tetapi bisa juga membantu PLN dalam bidang-bidang tertentu,” katanya.

Sementara itu, TNI Angkatan Laut dapat membantu dalam hal transmisi bawah laut yang akan dilakukan oleh Dishidros, seperti transmisi bawah laut Jawa Bali, yang mana kabelnya sudah banyak bergeser tidak pada posisinya dan sangat berbahaya.

PENGARAHAN – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan pengarahan disela-sela penandatanganan nota kesepahaman di Ruang Hening Gedung Soedirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Terkait dengan semakin banyaknya bandara-bandara di wilayah Indonesia yang ditetapkan sebagai Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP), TNI Angkatan Udara akan menilai bagaimana seharusnya transmisi listrik melintasi wilayah KKOP dengan memsang tanda-tanda untuk keselamatan penerbangan.

“Semoga kerja sama TNI dan PLN dapat di implementasikan di lapangan dan jangan segan-segan apabila ada permasalahan di lapangan, langsung disampaikan kepada Aster, Aspotmar dan Aspotdirgla atau langsung kepada Panglima TNI, Kasad, Kasal dan Kasau,” katanya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Human Capital Manajement PT PLN dengan Aster Panglima TNI, Kabais TNI, Aster Kasad, Asops Kasal dan Aspotdirga Kasau. (MT-06)

Komentar

News Feed