oleh

Libas San Marino 9-0, Belgia Tim Pertama Lolos ke Piala Eropa 2020

-Olahraga-66 views

BRUSSELS – Belgia menjaga kesempurnaannya di Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan melibas San Marino. Hasil itu sekaligus mengantar Belgia lolos ke putaran final.

Belgia menjamu San Marino di matchday 7 Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020. Bertanding di King Badouin Stadium, Brussels, Kamis (10/10/2019) waktu setempat atau Jumat (11/10/2019) dini hari WIT, Belgia menang telak 9-0.

Itu berarti Belgia masih sempurna dengan memenangi tujuh pertandingan yang sudah mereka mainkan. Dengan 21 poin, tim arahan Roberto Martinez itu masih nyaman di puncak klasemen Grup I.

Belgia juga dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Dengan tiga pertandingan tersisa, posisi Belgia dipastikan aman dari kejaran tim yang ada di peringkat ketiga, Siprus, yang punya 10 poin.

Belgia begitu superior di Grup I. Dalam tujuh pertandingan yang sudah dimainkan, mereka menghasilkan 28 gol dan cuma kemasukan satu gol.

Belgia pun tercatat sebagai tim pertama yang merebut tiket ke putaran final Piala Eropa 2020. Sebelumnya, Eden Hazard dan kawan-kawan juga jadi yang pertama lolos ke Piala Dunia 2018.

SELEBRASI – Pemain Belgia Romelu Lukaku (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang San Marino saat laga Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020di King Badouin Stadium, Brussels, Kamis (10/10/2019) waktu setempat atau Jumat (11/10/2019) dini hari WIT.

Putaran final Piala Eropa 2020 akan digelar pada 12 Juni-12 Juli. Turnamen kali ini akan digelar di 12 kota berbeda di berbagai negara Eropa.

Belgia tampil dominan sepanjang 90 menit. Itu terlihat dari penguasaan bola mereka sebesar 80 persen dan melepas total 31 tembakan.

Belgia membuka keunggulan di laga ini pada menit ke-28. Youri Tielemans yang melakukan pergerakan dari lini memberikan bola ke Romelu Lukaku yang berada di sisi kanan kotak penalti San Marino.

Pemain Inter Milan ini mempu mengontrol bola dengan baik sebelum melepas sepakan yang tak terlalu keras. Simone Benedettini sebenarnya mampu menepis upaya Lukaku ini, namun arah bola tetap meluncur ke gawang San Marino.

Unggul 1-0, De Rude Duivels semakin gencar melancarkan serangan ke lini belakang tim tamu. Dua menit berselang dari goil Lukaku, Belgia mampu menggandakan kedudukan.

Lukaku dengan baik menahan bola di tepi kotak penalti San Marino. Ia lalu menyodorkan bola ke Nacer Chadli yang langsung melepas tembakan terukur menghujam pojok kiri gawang Benedettini.

SELEBRASI – Pemain Belgia Romelu Lukaku (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang San Marino saat laga Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020di King Badouin Stadium, Brussels, Kamis (10/10/2019) waktu setempat atau Jumat (11/10/2019) dini hari WIT.

Di menit ke-35, Belgia menjauh 3-0. Bermula dari skema sepak pojok, Dreis Mertens mengirim umpan silang terukur yang disambut sontekan Lukaku di tiang dekat.

Benedettini bereaksi dengan melakukan penyelamatan. Namun usahanya menepis bole justru membentur Cristian Brolli yang membuat arah bola masuk ke gawangnya sendiri.

Rentetan gol Belgia pada babak pertama belum berhenti. Lukaku mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-41.

Menusuk dari sisi kiri, Lukaku mengecoh satu pemain San Marino lalu melepas sepakan yang tak kuasa dibendung Benedettini.

San Marino semakin terbenam setelah pada menit ke-43, Toby Alderweireld membawa Belgia unggul 5-0. Tembakan jarak jauhnya mengarah ke gawang usai membentur salah seorang pemain San Marino. Benedettini yang sudah terkecoh tak mampu berbuat banyak melihat gawangnya kebobolan.

Gol Belgia di babak pertama ditutup oleh gol Tielemans. Menerima umpan tarik Eden Hazard dari sisi kanan, ia melepas tembakan keras yang membawa Belgia unggul 6-0.

Klasemen Sementara Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020

Di babak kedua, Belgia masih menguasai sepenuhnya jalannya laga. Namun mereka nampak kesulitan untuk kembali menambah gol.

Gol ketujuh pasukan Roberto Martinez di laga ini baru tercipta pada menit ke-79. Pemain pengganti Christian Benteke membobol gawang San Marino melalui sepakan terarah dari luar kotak penalti.

Penalti Yari Verschaeren membuat Belgia unggul 8-0 di menit ke-84. Pesta tuan rumah diakhir oleh gol Timothy Castagne di menit akhir laga. Ia mencetak gol usai menyambar bola liar yang tak sempurna disontek Lukaku.

Kemenangan 9-0 ini membuat Belgia semakin kukuh di puncak klasemen Grup I dengan poin sempurna 21 dari tujuh kali menang. Sementara San Marino masih berada di posisi buncit dengan belum sekalipun meraih poin.

Susunan Pemain

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Hans Vanaken, Youri Tielemans, Nacer Chadli, Dries Mertens (Yari Vershaeren 63′), Romelu Lukaku (Christian Benteke 76′), Eden Hazard (Yanick Ferreira-Carrasco 63′).

San Marino: Simone Benedettini;Andrea Grandoni (Lorenzo Lunadei 78′), Mirco Palazzi, Davide Simoncini, Cristian Brolli, Manuel Battistini, Marcello Maularoni; Enrico Golinucci, Mattia Giardi (Adolfo Hirsch 46′); Fillipo Berardi (Allesandro Golinucci 46′), Nicola Nanni. (MT-06)

Komentar

News Feed