oleh

Menkes Ingin RSUD Ishak Umarella Direlokasi

-Kesehatan-367 views

AMBON – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menginginkan agar RSUD Dokter Ishak Umarella yang berlokasi di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Hal itu diungkapkan Menkes saat meninjau Rumah Sakit Darurat RSUD Ishak Umarella yang berada di tenda-tenda yang dibangun di kompleks Universitas Darussalam,  Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (16/10/2019).

Menkes mengatakan, kondisi bangunan RSUD Ishak Umarella yang retak dan sangat tidak mungkin untuk memberi pelayanan maksimal kepada pasien.  Bahkan tidak dimungkinkan lagi untuk dibangun di lokasi yang saat ini, sehingga harus dicari lahan baru.

“Rumah sakitnya kena, kalau itupun diperbaiki kami ragu. Gempanya dekat pantai, episentrumnya ada disana. Jadi harus dipikirkan, barangkali tidak mungkin disana lagi membangunnya, tetapi mencari lahan yang amanlah,” kata Menkes kepada wartawan disela-sela peninjauan tersebut.

Ia juga memastikan pelayanan kesehatan untuk pasien korban gempa maupun di lokasi pengungsian tetap berjalan.

“Kita tetap lakukan pelayanan. Ini dokter-dokter semua mereka tinggal disini, sampai tinggal di mobil, ada enam spesialis. Tadi saya lihat ada kamar operasinya, tempat melahirkan, tempat anak-anak dan sebagainya,” katanya. (MT-03)

Komentar

News Feed