oleh

Percepat Penurunan Angka ‘Stunting’, ‘Jinang Parenting’ Aru Dikukuhkan

-Kesehatan-162 views

AMBON – Mengemban misi mulia sebagai Duta Parenting Maluku untuk program penurunan angka stunting, istri Gubernur Maluku, Widya Murad Ismail kembali mengunjungi daerah yang menjadi lokus stunting di Provinsi Maluku.

Widya dan rombongan mengunjungi daerah berjuluk ‘Bumi Jargaria’ sekaligus mengukuhkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Aru, Meisye Gonga sebagai Jinang (ibu) Parenting Kabupaten Aru.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan selendang Jinang Parenting usai membuka pertemuan Koordinasi Terpadu Percepatan Penurunan Stunting dan Gizi Buruk Tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Aru yang digelar di Gedung Kesenian Sitakena, Kota Dobo, Kamis (13/11/2019).

“Semoga Tuhan yang Maha Esa melimpahkan hikmat dan hidayah-Nya dalam mengemban tanggung jawab ini,” ujar Widya.

Jinang Parenting Kabupaten Aru, Meisye mengaku pengukuhan dirinya merupakan spirit baru untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Melalui pengukuhan ini, tentunya Saya memiliki tanggung jawab berat untuk bersama-sama perangi stunting. Dan ini menjadi spirit untuk melihat  Aru sebagai lokus perubahan cara pandang masyarakat terhadap pola hidup. Stigma bahwa kasus bukan warisan yang perlu ditangisi namun diperbaiki.  Terhadap tugas ini, Saya butuh kerjasama untuk bersama perangi stunting,” ungkapnya.

Sebelumnya, Widya yang juga Ketua PKK Provinsi Maluku, saat membuka Pertemuan Koordinasi Terpadu mengungkapkan keprihatinannya karena stunting masih tinggi di Privinsi Maluku termasuk di Kabupaten Kepulauan Aru,  padahal daerah ini miliki sumber daya alam yang melimpah.

“Saya sedih dan prihatin karena kita kaya akan sumber daya alam.  Ikan dan  umbi-umbian melimpah tapi kenapa stunting masih tinggi d beberapa tempat. Ini tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Dijelaskan, stunting berpengaruh bukan hanya  terhadap tinggi badan  namun juga tingkat kecerdasan dan status kesehatan. Karenanya jangan terlambat mendeteksi kondisi ini.

“Penanggulangan stunting jadi tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah namun semua. Mari kita cegah stunting dan ini visi bersama,” tandasnya. (MT-03)

Komentar

News Feed