oleh

Wagub Maluku: Warisi Karakter Kepahlawanan Martha Christina Tiahahu

AMBON – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar peringatan 202 tahun perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu, Kamis (2/1/2020).

Peringatan dipusatkan pelataran Monumen Martha Christina Tiahahu di kawasan Karang Panjang, Ambon, Maluku, dan kemudian dilanjutkan dengan upacara pelarungan bunga di Dermaga Markas Komando (Mako) Lantamal IX Ambon.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nataniel Orno, dalam sambutannya saat memimpin upacara tersebut mengatakan perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu telah menjadi sebuah kebanggan abadi.

UPACARA – Wagub Maluku Barnabas Orno melarungkan karangan bunga saat upacara tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Perjuangan ke-202 Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu di Dermaga Lantamal IX Ambon, Maluku, Kamis (2/1/2020).

“Kesediaan untuk berkorban bukanlah sebuah hal yang mudah. Terlebih lagi, ketika kita memiliki posisi, status sosial dan kedudukan yang baik dan nyaman. Secara naluri kita akan cenderung mempertahankannya sebisa mungkin. Tetapi teladan yang ditunjukan oleh para Pahlawan Nasional kita justru terbalik. Banyak dari mereka bersedia mengorbankan keduduka, harta benda, keluarga bahkan nyawa sekalipun demi bangsa, negara dan kemerdekaan,” katanya.

Menurutnya, karakter dan nilai kepahlawanan inilah yang harus diwarisi dalam diri generasi bangsa masa kini.

“Tidak boleh terbatas pada sebuah acara seremonial saja. Tetapi  harus melakukan aksi dan program kerja nyata yang bertujuan mewariskan nilai-nilai kepahlawanan kepada anak cucu kedepan,” ungkapnya.

UPACARA – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq (kanan) bersama Komandan Lantamal IX Ambon Laksma TNI Budi Purwanto (tengah) dan Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan (kiri) menghadiri upacara memperingati Hari Perjuangan ke-202 Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu di Dermaga Lantamal IX Ambon, Maluku, Kamis (2/1/2020).

Untuk itu, jelas Wagub, peringatan Perjuangan Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu ke-202 harus dimaknai sebagai momentum untuk mengingatkan kembali karakter dan nilai kepahlawanan yang mesti terus hidup dan berkembang dalam diri generasi muda.

Saat upacara tersebut, Wagub Maluku dan ahli waris juga meletakan karangan bunga di pelataran monumen Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara pelarungan bunga di laut yang dipimpin yang dipusatkan di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon.

Hadir juga dalam upacara tersebut diantaranya diantaranya Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, Komandan Lantamal IX Ambon Laksma TNI Budi Purwanto, Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan serta Penjabat Sekda Maluku Kasrul Selang. (MT-03)

Komentar

News Feed