Sekilas Info

Sejumlah ASN Kemenag Maluku Peroleh Satya Lencana

AMBON – Sejumlah Aparatur Sipil Negera (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) memperoleh satya lencana bersamaan dengan peringatan Hari Amal Bhakti ke-74.

Satya lencana tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail saat upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-74 Kemenag yang dipusatkan di Lapangan Upacara Polda Maluku, Tantui – Ambon, Jumat (3/1/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur Maluku Murad Ismail mengingatkan enam hal penting.

Enam hal penting ditekankan oleh Menag yaitu Pertama, pahami sejarah Kementrian Agama serta regulasi tugas dan fungsi kementrian agama ini dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, jaga idealisme kejujuran, integritas dan budaya kerja kementrian agama ditengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan  dengan sumpah kemuliaan.

Ketiga, tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan.

Keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan baik sesama institusi pemerintahan, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Kelima, perkuat semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan kerukunan, persatuan dan modernisasi beragama sejalan dengan falsafah  Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbed ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Keenam, implementasikan visi dan misi pemerintah ke dalam program kerja kementrian agama di semua unit kerja pusat, daerah dan perguruan tinggi keagamaan.

Menag juga seluruh jajaran Kemenag di pusat dan di daerah agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama ditanah air kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

"Kemenag hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama untuk itu, seluruh jajaran kementrian agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis kementrian agama secara kontekstual di tengah masyarakat," ungkapnya.

Razi menegaskan tugas utama Kemenag adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik.

"Saya meminta kepada segenap aparatur Kemenag untuk berikanlah seluruh kemampuan yang dimiliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik kementrian agama," tandasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!