Sekilas Info

Ambon Dapat Kuncuran Dana Kelurahan Rp 7,3 M

AMBON - Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendapatkan kucuran dana kelurahan senilai Rp 7,320 milyar yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Hal ini disampaikan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kota Ambon, Robby Silooy saat Sosialisasi Perencanaan Dan Pelaksanaan Pendanaan Kelurahan yang berlangsung di Hotel Marina, Kamis (12/3/2020).

"DAU  yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tahun anggaran 2020 untuk bantuan pendanaan kelurahan di Kota Ambon adalah sebesar Rp 7,320 milyar, karena memiliki 20 kelurahan dengan kategori perlu ditingkatkan dan untuk proses perencanaan pelaksanaan dan pertanggungjawaban bantuan pendanaan kelurahan ini,"jelasnya.

Dikatakan, alokasi dana kelurahan tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

"Alokasi anggaran untuk dana kelurahan bertujuan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat mengurangi angka kemiskinan serta memperkecil kesenjangan pendapatan di masyarakat," katanya.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 130 tahun 2018, menurutnya, diatur kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkaian kualsas hidup masyarakat.

Ia menambahkan, adapun kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan meliputi, pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana di bidang kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, transportasi dan lingkungan pemukiman.

Sementara kegiatan pemberdayaan masyarakat di kelurahan digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat di kelurahan dengan mendayagunakan potensi dan sumber daya sendiri. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!