Sekilas Info

Kodam Pattimura Dirikan Posko Siaga Corona

AMBON – Menindaklanjuti perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa,  Kodam XVI/Pattimura melakukan aksi tanggap cepat antisipasi dan pencegahan wabah virus Corona (Covid-19).

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq menindaklanjuti perintah tersebut dengan membentuk Posko Gugus Tugas dan sejumlah Posko Kesehatan baik di wilayah Maluku maupun Maluku Utara.

Hal ini diungkapkan Pangdam usai rapat Forkopimda yang dilaksanakan doi Kantor Gubernur Maluku, Senin (16/3/2020) .

Pangdam mengharapkan para tenaga medis gabungan (Pemda dan TNI-Polri) terus berkoordinasi.

“Walaupun dengan alat kelengkapan yang minim, namun harus bekerja secara maksimal, dengan manfaatkan tenda isolasi yang sudah tergelar di wilayah Provinsi di Maluku dan Maluku Utara,” katanya.

Hasil laporan di lapangan terdapat 5 Rumah Sakit di wilayah Maluku dan Maluku Utara yang sudah mendirikan tenda Posko Kesehatan Siaga Antisipasi dan Penanganan Wabah Virus Corona yaitu di RST JA Latumeten Ambon, RS Alfatah, RS Otto Quik, RSUD Ishak Umarella Tulehu dan
Rumkit Tingkat IV/Ternate.

Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan pada kesempatan yang sama meminjau langsung kesiapan Posko Kesehatan yang berada di RST JA Latumeten Ambon yang merupakan rumah sakit tentara di bawah Komando langsung Kodam XVI/Pattimura.

Kakesdam XVI/Pattimura Kolonel Ckm Khairul Kiah melaporkan saat ini Posko Kesehatan Siaga Corona (Covid-19) sudah siap unutuk menerima pasien.

RST JA Latumeten Ambon mendirikan dua buah tenda lengkap dengan 11 orang tenaga medis mulai dari dokter spesialis bedah, anastesis, THT, penyakit dalam, penyakit paru hingga perawat. Untuk di wilayah Ternate sendiri, Rumkit Tk IV/Ternate mendirikan 1 tenda kesehatan lengkap dan 6 tenaga medis.

Pangdam menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik menyikapi penularan dan penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Posko yang kami dirikan sesuai dengan standar Kemenkes. Apabila ada masyarakat di Wilayah Maluku dan Maluku Utara khususnya di Pulau Ambon terindikasi agar tidak ragu datang dan periksa di RST JA Latumeten Ambon untuk penanganan lebih lanjut guna mencegah penularan dan penyebaran virus corona. Saya tegaskan apabila ada di antara masyarakat ada yang terindikasi atau mengalami gejala-gejala terjangkit virus corona agar segera datang dan memeriksakan diri di posko yang sudah kami siapkan,” tandasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!