oleh

Cegah Covid-19, Petugas Bandara Rar Gwamar Perketat Pengawasan

-Kesehatan-142 views

AMBON – Petugas Bandara Rar Gwamar, Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru memperketat pengawasan penumpang yang tiba maupun berangkat guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Buktinya, penumpang pesawat Wings Air menjalani pemeriksaan sesaat setelah tiba di Bandara Rar Gwamar, Dobo, Selasa (24/3/2020).

Pemeriksaan dilakukan oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan yang bertugas di Puskesmas Siwalima baik terhadap penumpang tiba maupun hendak berangkat.

Tim kesehatan melakukan pemeriksaan sejak pukul 09.45 WIT sekaligus menyampaikan himbauan kepada para penumpang pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK-WHK terkait maraknya penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Kapolres Aru AKBP Eko Budiarto langsung memimpin tim dan memberikan himbauan. Sebanyak 33 penumpang yang tiba menggunakan pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK – WHK  diantaranya 12 orang laki-laki, 22 orang perempuan dan 1 langsung diperiksa.

Dari daerah penerbangan, para penumpamng terdiri dari penumpang Jakarta – Dobo (9 orang), Surabaya – Dobo (1 orang), Makasar – Dobo (4 orang) dan Ambon – Dobo (25  orang).

Sementara itu penumpang yang berangkat menggunakan pesawat Wings Air ATR 72 – 600 PK – WHK berjumlah 17 Orang.

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto menjelaskan, proses pemeriksaan terhadap para penumpang pesawat tersebut dilakukan guna mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19 dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh dan menyediakan cairan antiseptik untuk cuci tangan di ruang kedatangan penumpang.

“Selama kegiatan pemeriksaan berlangsung, tidak ditemukan adanya indikasi para penumpang yang memilki gejalan terjangkit virus Corona (Covid-19) namun mereka merupakan bagian dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) karena ada yang baru kembali dari suatu wilayah yang dikategorikan sebagai wilayah wabah Covid- 19,” jelasnya. (MT-05)

Komentar

News Feed