Sekilas Info

Kejati – PT & Kanwil Kemenkumham Maluku Teken Kesepakatan Sidang ‘Online’

KESEPAKATAN BERSAMA - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Yudi Handono (kanan), bersama Ketua Pengadilan Tinggi Maluku, Zainuddin (tengah) dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Andi Nurka (kiri) menandatangani kesepakatan bersama pelaksanaan sidang secara online dengan menggunakan media video conference. Penandatangan kesepakatan tersebut sudah dilakukan Selasa (31/3/2020) dipusatkan di ruang kerja Kajati Maluku.

AMBON - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Yudi Handono, bersama Ketua Pengadilan Tinggi Maluku, Zainuddin  dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Andi Nurka, menandatangani kesepakatan bersama pelaksanaan sidang secara online dengan menggunakan media video conference.

Penandatangan kesepakatan tersebut sudah dilakukan Selasa (31/3/2020) dipusatkan di ruang kerja Kajati Maluku.

Kesepakatan bersama yang telah ditandatangani ini bertujuan sebagai bentuk koordinasi yang sinergis antara instansi penegak hukum dalam upaya memberikan kepastian hukum dengan tetap melaksanakan proses persidangan terhadap penanganan perkara secara aman, efisen serta tetap menjalankan protokol kesehatan dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19).

Kajati Maluku Yudi Handono usai penandatanganan kesepakatan bersama ini mengatakan persidangan online ini dilaksanakan dengan tetap mengacu kepada ketentuan hukum acara pidana dan berpedoman kepada asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

“Tugas dan fungsi para pihak sebagaimana ditentukan oleh undang-undang tetap dijalankan dalam pelaksanaan sidang online ini,” katanya.

Ia ini juga memberikan apresiasi bagi beberapa jajaran Kejaksaan Negeri di wilayah hukum Kejati Maluku yang telah melaksanakan sidang online sejak Senin (30/3/2020).

Kajati  berharap  agar Kejari lainnya yang belum melaksanakan segera berkoordinasi dengan pengadilan negeri dan rutan/lapas di wilayah hukumnya masing-masing untuk melaksanakan sidang secara online.

Usai penandatanganan kesepakatan bersama, baik Kajati Maluku, Ketua Pengadilan Tinggi Maluku, maupun Kakanwil Kemenkum HAM Maluku menyaksikan jalannya sidang online perkara pidana umum dari ruang kerja Kajati Maluku dengan menggunakan aplikasi zoom. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!