Sekilas Info

Rutong Jadi Negeri Pintar Pertama Di Maluku

AMBON – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon menjadi smart village (negeri pintar) pertama di Maluku. Hal ini ditandai dengan dengan soft-launch platform digital rutong.id

Launching yang dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Majid dan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy tersbeut berlangsung secara virtual dari Balai Kota Ambon, Senin (1/3/2021).

Dalam arahan, Majid mengatakan sekarang ini digital menjadi suatu kebiasaan baru.

"Jika kita melihat terobosan-terobosan maka desa bahkan negeri-negeri di Maluku bisa sama dengan di Pulau Jawa yang bisa maju dengan digital," katanya.

Ia berharap negeri-negeri dan desa yang ada di Maluku, khususnya Kota Ambon bisa berkembang seperti Negeri Rutong.

Sementara itu, Wali kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan peluncuran platform ini merupakan sebuah inovasi baru oleh negeri/desa di Kota Ambon.

"Saya harus berikan apresiasi kepada Raja Negeri rutong, saniri negeri, kepala soa dan seluruh warga yang telah menggagas dan hari ini melaksanakan soft launching dari kegiatan besar yaitu bagimana mencanangkan Rutong sebagai negeri yang maju dan aplikasi desa pintar rutong.id," katanya.

Ia menjelaskan, ini merupakan semangat Ambon sebagai smart City. Di era sekarang ini ,merupakan era dimana ilmu pengetahuan dan teknologi ciri dalam kehidupan sosial masyarakat.

"Digitalisasi merupakan sebuah kata kunci untuk mengejar ketinggalan kita. Oleh karena itu, mau tidak mau dan suka tidak suka digitalisasi merupakan kebutuhan kita," jelasnya.

Di tempat yang sama, Raja  Negeri Rutong, Reza Valdo Maspaitella menjelaskan, dengan adanya platform digital rutong.id,  maka Negeri Rutong tetap akan mengutamakan adat budaya untuk memajukan perekonomian masyarakat negeri yang berbasis teknologi digital.

“Mulai hari ini, Negeri Rutong dan masyarakatnya sudah mulai berevolusi,” ujarnya.

Dikatakan, fitur-fitur yang ada di rutong.id dibuat untuk menunjang tata kelola administrasi pemerintahan negeri yang lebih efisien, efektif dan transparan mulai dari aspek perencanaan, eksekusi program, proses pengadaan di dalam penyelengaraan proyek secara lelang digital dan tata kelola keuangan negeri sampai kepada tata kelola pemberdayaan usaha masyarakat bagi peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup berbagai lapisan masyarakat di negeri.

“Dalam rangka Program Percepatan Pembangunan Negeri “Rutong Maju” dan Peluncuran platform digital Negeri Pintar/ Smart Village rutong.id, maka kami di pemerintahan Negeri Rutong sangat bangga dapat mencapai tonggak sejarah pada hari ini dalam acara soft-launch platform digital ini. Untuk itu, saya mengundang partisipasi Diaspora Rutong, baik di Ambon, di seluruh Indonesia maupun yang berada di luar negeri untuk dapat bergabung berpartisipasi di dalam Gerakan Bakutongka bagi sebuah Perubahan Paradigma Pembangunan baru Negeri Rutong di era transformasi digital global saat ini,” katanya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!