Sekilas Info

Disnaker Ambon: 15 Calon Tenaga Kerja Ke Australia Ikut Diklat

Ilustrasi

AMBON - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Steven Patty mengakui sebanyak 15 tenaga kerja yang mengikuti seleksi pengiriman tenaga kerja ke Australia, saat ini sementara mengikuti pendidikan dan latihan (diklat).

"Dari hasil seleksi tahap pertama ada 15 orang yang lolos dan saat ini mereka sedang ikut diklat untuk pemantapan bahasa guna persiapan kerja di Australia," kata Patty kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (10/6/2021).

Dijelaskan, usai mengikuti diklat nantinya ke-15 tenaga kerja itu akan mengikuti ujian kompetensi agar bisa memiliki sertifikat.

“Ujian kompetensi merupakan salah satu penentu, berapa banyak tenaga kerja yang akan berangkat. Jadi nanti tunggu hasil tes kompetensi dari 15 orang itu berapa yang lolos. Di tahun 2019 mereka sudah tes pertama dan tahun ini baru kita lanjutkan lagi. Mereka yang lolos akan kami daftarkan ke pemerintah Australia sebagai pekerja, dan dipastikan Desember atau awal tahun 2022 mereka sudah bisa dikirim," jelasnya.

Patty mengakui, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan meeting dengan pemerintah Australia, untuk melihat kesiapaan dan menanyakan administrasi dari pekerja.

"Kemarin itu kita dengan Australia sudah rapat terkait persiapan. Nanti kita akan peninjauan ke sana cek mereka mau ditempatkan dimana, setelah itu balik lagi kita koordinasi dengan koordinator bidang perekonomian untuk persyaratan ke Australia seperti apa misalnya dalam pembuatan password dan visa atau sebagainya," ungkapnya. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!