Sekilas Info

Saulatu Resmi Gantikan Wattimena Jadi Anggota DPRD Maluku

AMBON - Halimun Saulatu resmi dilantik dan diambil sumpah sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku sisa masa jabatan tahun 2019 – 2024 menggantikan Wellem Z Wattimena yang tersandung kasus narkoba beberapa waktu lalu.

Pelantikan Saulatu berlangsung dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, di ruang paripurna DPRD Maluku, Rabu (21/7/2021).

Pergantian ini pula berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 161.81-1348 tahun 2021 tanggal 6 Juli 2021, tentang peresmian pengangkatan penggantian antar waktu anggota DPRD Provinsi Maluku yang telah meresmikan pengkatan saudara Halimun Saulatu sebagai PAW anggota DPRD provinsi Maluku sisa masa jabatan tahun 2019 - 2024.

Gubernur Maluku Murad Ismail yang mengikuti secara virtual acara pelantikan tersebut dalam sambutannya berharap dengan penambahan komposisi anggota DPRD provinsi Maluku akan memotivasi peningkatan kinerja lembaga DPRD kedepan.

“Seorang politikus saya berharap saudara Halimun Saulatu dapat segera menyesuaikan diri dengan tugas -tugas mulia yang menanti. Bangun komunikasi, koordinasi dan  kolaborasi dengan unsur pimpinan maupun sesama anggota DPRD pemerintah provinsi kabupaten kota termasuk elemen masyarakat yang menjadi konsekuen saudara,” ungkapnya.

Dikatakan, lembaga DPRD melekat tiga fungsi utama yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran serta fungsi pengawasan.

"Saya berharap fungsi-fungsi tersebut mendapat perhatian serius dan ditindaklanjuti secara optimal. Dimasa pandemi covid-19 yang sementara meningkat saat ini kita semua dibatasi dalam melakukan berbagai aktifitas termasuk melaksanakan tugas-tugas sebagai eksekutif maupun legislatif,” katanya.

Namun demikian, Gubernur juga berharap lembaga legislatif tetap bersemangat dalam menjalankan kewajiban-kewajiban walaupun terpaksa dilakukan secara virtual sebagai cara melindungi diri tidak tertular dan sekaligus memutus mata rantai Covid-19.

Sementara itu, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dalam sambutannya mengatakan,  mengatakan, di masa pandemi covid 19 ini DPRD provinsi Maluku tetap bersemangat dalam meningkatkan kinerjanya sebagai wakil rakyat sehingga pelaksanan tugas dan fungsi lebih produktif efektif dan efisien.

“Selaku unsur penyelenggara pemerintahan daerah DPRD bersama- sama dengan Pemda memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunan mulai pada saat perencanaan implementasi sampai pada tahapan pengawasan dan evaluasi dalam konteks ini DPRD harus mampu memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki sehingga setiap tugas dan fungsi yang diemban dapat dilaksanakan dengan sebaik baiknya,” katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!