Sekilas Info

Ambon Balik Lagi ke Zona Merah Covid-19

Ilustrasi

AMBON – Kota Ambon kembali lagi masuk zona merah (resiko tinggi) zonasi resiko daerah penyebaran Covid-19.

Baru seminggu lalu, Ambon berpindah dari zona merah ke zona oranye (resiko sedang), namun kini sesuai data Satgas Covid-19 nasional, per tanggal 25 Juli 2021, Kota Ambon kembali ke zona merah dengan skor 1,73.

"Pekan lalu Ambon berada di zona oranye dengan skor 1,9 namun kini dengan skor 1.73 Ambon balik lagi ke zona merah. Sesuai indicator skor 1,8 kebawah dikelompokkan zona merah," kata Juru Vicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz kepada malukuterkini.com, Selasa (27/7/2021).

Dijelaskan, pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) semakin berkurang.

"oekan ini per hari dibawah 150 orang/hari yamg melakukan tracing dan testing. Sebelumnya rata-rata diatas 300 orang/ hari. Ini yg menyebabkan positivity rate tinggi. Positivity rate seharusnya kurang dari 5%. Untuk Kota Ambon saat ini berada diangka 24,9%," jelasnya.

Ia juga mengakui, angka kesembuhan juga melambat, mengakibatkan angka perawatan semakin tinggi. Selain itu,  angka kematian relatif tinggi 1,7%.

"Dari sebelumnya 1,2%. Indikator Angka Kematian ini mempunyai bobot dan skor yg cukup tinggi dlm penetapan kriteria Epidemiologi" rincinya.

Sebelumnya sejak 4 Juli 2021 lalu, Kota Ambon juga masuk ke zona merah dengan skor 1,51. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!