Sekilas Info

Pemprov Maluku Minta BMKG Bantu Alat Tanggap Bencana

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (tengah)

AMBON - Minimnya fasilitas dan alat pendeteksi tanggap bencana baik gempa dan tsunami  sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku meminta bantuan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hal ini disampaikan Plh Sekda Maluku Sadli Ie usai pertemuan Pemprov Maluku bersama Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang dipusatkan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (2/9/2021).

Menurut Sadli, rencana aksi yang sudah disampaikan oleh BMKG terkait lokasi dan wilayah rawan gempa di provinsi Maluku akan menjadi perhatian serius.

"Tadi kita sama-sama ada beberapa rencana aksi yang dalam bentuk rekomendasi yang akan kami tindak lanjuti provinsi, maupun  kota dan kabupaten dalam wilayah provinsi.  Kami akan rapat bersama, kita koordinasi lagi dengan para pembuat kebijakan strategis dengan pola penanganan bencana tsunami dan longsor laut yang tadi dijelaskan Kepala BMKG saat pertemuan. Karena itu  satu hal lagi lami perlu dalam rangka implementasi apa yang telah disampaikan kami mohon dukungan dari pemerintah pusat terkait dengan bantuan bantuan peralatan dalam rangka kita mencegah atau tindakan gini terhadap tsunami," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada wartawan juga mengajak semua pihak untuk belajar dari Jepang untuk siap dapat menghindar, menolong dirinya sendiri saat terjadi bencana.

Sebagian besar 95% lebih masyarakat bisa selamat dari gempa bumi karena mampu menolong dirinya sendiri atau ditolong oleh keluarganya atau oleh tetangganya atau oleh orang yang lewat.

"Di Provinsi Maluku maupun Kota Ambon kita sedang bergotong-royong menyiapkan bersama upaya untuk menguatkan pemerintah daerah dan masyarakat, serta pihak terkait dalam melakukan mitigasi misalnya sedang disiapkan, peta bahaya tsunami yang tadi sudah di verifikasi di lapangan,  jalur evakuasi, rambu-rambu  tempat evakuasi, sementara juga edukasi literasi tadi juga disiapkan untuk sekolah-sekolah," ungkapnya.

Soal bantuan akan dilihat kemudian dan ditindaklanjuti. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!