Sekilas Info

Wapres Tinjau Pameran Pemberdayaan Masyarakat IMKM

AMBON - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin  meninjau pameran pemberdayaan masyarakat Industri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM) di Lobby Kantor Gubernur Maluku, Ambon, Maluku, Rabu (13/10/2021).

Produk yang dipamerkan dalam program tersebut  merupakan bagian dari program pengurangan kemiskinan ekstrem yang dilakukan di 5 kabupaten prioritas di Provinsi Maluku.

Salah satu program yang ditinjau adalah program penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem di Kabupaten Maluku Tengah yang dilaksanakan untuk wilayah off-grid (tanpa listrik PLN) dan wilayah on-grid (yang telah tersedia listrik PLN).

Penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem tersebut merupakan salah satu program penting mengingat salah satu penyebab utama kemiskinan dan ketimpangan adalah tidak tersedianya akses terhadap infrastruktur dasar yakni listrik, air bersih dan sanitasi.

Untuk wilayah off-grid di Kabupaten Maluku Tengah program penyediaan listrik untuk masyarakat miskin ekstrem diinisiasi oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dimana Wapres Ma’ruf Amin menjabat sebagai Ketua. Program ini merupakan mekanisme kemitraan dengan dunia usaha dan masyarakat yang menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Inti dari program kemitraan ini adalah menyediakan listrik tenaga surya (LTS) bagi rumah tangga miskin ekstrem dan dilanjutkan dengan pemberdayaan masyarakat.

Pada  kesempatan itu, Wapres kagum dengan 5 kabupaten yakni Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara, Kepulauan Tanimbar dan Seram Bagian Timur, karena banyak kerajinan tangan khas Maluku yang telah dikembangkan. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!