Sekilas Info

Rutong & Amahusu Peroleh Trofi Proklim Utama, Ini Harapan KLHK

AMBON, MalukuTerkini.com - Negeri Rutong dan Negeri Amahusu memperoleh Trofi Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan  Kehutanan.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Maluku Papua - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Priyanto.

Dalam sambutannya, Priyanto mengatakan target yang diberikan adalah 20.000 desa untuk mencapai proklim.

Dijelaskan, dalam proklim ternyata terdapat aksi-aksi nyata yang dilakukan oleh masyarakat desa sehingga apa yang menjadi harapan Presiden Joko Widodo bisa tercapai.

"Untuk wilayah Maluku Papua, terdapat sekitar 20 lokasi dimana penerima trofi utama itu ada empat desa, diantaranya dua di Maluku yaitu Negeri Rutong dan Negeri Amahusu, satu desa di Ternate dan satu desa di Papua Barat. Sedangkan yang lain adalah penerima sertifikat proklim utama untuk Maluku ada 11 lokasi," jelas Priyanto saat menyerahkan Trofi Proklim di Negeri Amahusu, Selasa (2/11/2021).

Ia berharap, dengan adanya penghargaan ini dapat memberikan semangat untuk bisa mengembangkan aksi-aksi warga kedepan dalam kampung iklim.

"Kedepan seperti kampung iklim yang lain, dari proklim utama bisa juga mendapatkan trofi lestari," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah memberikan apresiasi dan penghargaan atas kerja keras kominitas ini dan seluruh masyarakat Amahusu sehingga kita diberikan penghargaan," ungkapnya.

Ia mengatakan, lingkungan merupakan salah satu masa depan sehingga lingkungan sangatlah penting untuk dijaga.

"Kenapa pentingnya lingkungan bagi masa depan? Pempus tidak main-main untuk lingkungan ini, karena begitu banyak penghargaan yang diberikan sebagai faktor stimulan bagi masyarakat. Pemerintah tidak main-main, karena pemerintah sadar betul bahwa lingkungan kedepan itu sangat penting, sehingga hari ini saya berikan apresiasi, sebab penghargaan itu diapresiasi oleh anak muda," katanya.

Ia juga berharap, prestasi yang diraih harus tetap dipertahankan agar kedepan bisa meraih penghargaan berikutnya. (MT-05) 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!