Sekilas Info

Kunker ke Ambon, Ini yang Dipelajari DPRD Buteng

AMBON, MalukuTerkini.com - Komisi I DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Para wakil rakyat Buteng itu diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Sekkot Rulien Purmiasa bersama sejumlah pimpinan OPD, dan perwakilan dari Telkom Ambon diruang rapat Vlissingen, Jumat (21/1/2022).

Kunjungan tersebut terkait dengan Ambon sebagai Kota Satelit yang menempati urutan ketiga dari 20 Kota di Indonesia.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Purmiasa mengatakan saat ini ketersediaan jaringan internet telah menjangkau 98 persen wilayah Kota Ambon dan untuk jaringan seluler sudah mencapai 99 persen wilayah Kota Ambon.

Berdasarkan survei status digital tahun 2020 oleh Katadata Insight Center bersama Kementerian Komunikasi Dan Informatika, Kota Ambon memiliki indeks literasi digital dengan skala 3.80.

"Indeks ini dihitung berdasarkan presentase pengguna platform digital maupun media sosial di Kota Ambon, terhadap jumlah penduduk Kota Ambon," ungkap Purmiasa.

Menurutnya, ini menjadi modal bagi Kota Ambon dalam melaksanakan penerapan digitalisasi sistem dan proses pelayanan publik.

Dijelaskan, indeks digitalisasi yang tinggi di Kota Ambon telah menjadikan Kota Ambon sebagai kota satelit.

"Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk mensosialisasikan literasi digital yang memadai bagi warga Kota Ambon, terutama bagi warga yang produktif dalam berpikir kritis dan beretika dalam bermedia sosial,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Buteng, Saadia, mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka melihat dan mempelajari keberhasilan Kota Ambon sebagai Kota Satelit.

"Dari diskusi itu, kami mendapatkan bekal kepada kami untuk dibawah pulang ke Kabupaten Buteng,"ujarnya.

Ia menilai, dari hasil pantauan di command center Kota Ambon, sangat luar biasa.

"Sangat luar biasa, kami sangat menginginkan di daerah kami punya seperti ini juga, karena memang di Kabupaten Buteng belum mempunyai seperti ini," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Buteng merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sultra. Ibu kotanya berada di Labungkari, Kecamatan Lakudo.

Buteng merupakan hasil pemerkaran dari Kabupaten Buton yang disahkan pada pertengahan tahun 2014 bersama Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Muna Barat. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!