Sekilas Info

Mutiara Pattimura Kalesang Sungai di Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - Jelang acara puncak HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura yang akan diselenggarakan pada 16 Mei 2022 mendatang, sejumlah rangkaian kegiatan pun telah dilakukan.

Salah satunya kegiatan yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat. Kodam bersama dengan elemen masyarakat lainnya melakukan karya bakti pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Galala dan Batu Merah, Kota Ambon, Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan daerah aliran sungai khususnya dari sampah atau limbah yang dapat merusak ekosistem.

Sebelum melaksanakan pembersihan, seluruh prajurit bersama organisasi masyarakat peduli sampah Provinsi Maluku, BNPB, Basarnas , Dinas PU, dan Satker Pelaksana I JMP Provinsi Maluku beserta masyarakat melakukan apel persiapan bersama.

Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury yang hadir mewakili Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, menyampaikan kegiatan pembersihan daerah aliran sungai ini merupakan salah satu wujud konkret dari Mutiara Pattimura yang sejalan dengan tema HUT Kodam.

"Dua Puluh Tiga Tahun Pengabdian, Kodam XVI/ Pattimura Bertekad Hadir Membawa Solusi Sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa. Hari ini,  Kodam bersama komponen masyarakat lainnya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat," jelas Kasdam.

Kegiatan Karya Bakti ini merupakan bagian dari program Mutiara Pattimura dalam bidang bakti sosial, yang diharapkan semakin memperkokoh dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan HUT Kodam tahun ini dikemas dengan kegiatan sosial Kalesang Negeri yang bekerjasama dengan pemerintah dan seluruh Stakeholder yang ada serta komunitas peduli daerah aliran sungai.

"Mari kita sama-sama melaksanakan Karya Bakti kepedulian lingkungan dengan penuh semangat dan bergembira demi Pantai dan Sungai di Ambon yang bersih serta masyarakat Kota Ambon yang sehat," ujar Gubernur.

Kegiatan Karya bakti tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat Kodam diantaranya Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Stepanus Mahury, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran, sejumlah pejabat TNI lainnya, pejabat Polri serta Pemprov Maluku. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!