Sekilas Info

Kemendagri: 13 Ribu WNA Punya e-KTP

AMBON, MalukuTerkini.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan saat ini sudah ada 13.056 warga negara asing (WNA) yang sudah mengurus e-KTP.

Paling banyak WNA yang memiliki e-KTP adalah Korea Selatan.

"Saya sebagai penanggung jawab akhir pelayanan Adminduk melihat dalam database Dukcapil Kemendagri hingga Maret 2022 terdapat kurang lebih 13.056 ribu WNA yang sudah mengurus KTP-el. Jadi jumlahnya tidak sampai jutaan," ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

Zudan merincikan ada 10 negara asal WNA yang paling banyak punya KTP-el. Pertama Korea Selatan, kedua Jepang, ketiga Australia, keempat Belanda, kelima Tiongkok, keenam Amerika Serikat, ketujuh Inggris, kedelapan India, kesembilan Jerman, dan ke-10 warga negara Malaysia.

"Ada 10 negara yang warganya paling banyak punya KTP-el, yakni WNA asal Korsel yang jumlahnya 1.227 orang. WNA asal Jepang 1.057, Australia 1.006, Belanda 961, Tiongkok 909, AS sebanyak 890, Inggris 764, India 627, Jerman 611 dan Malaysia 581. Sisanya dari berbagai negara lain," rincinuya.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian memastikan hak-hak WNA jelas berbeda dengan WNI. WNA tidak punyah pilih sedangkan WNI punya hak pilih.

Tito menuturkan semua orang yang tinggal di Indonesia dalam jangka waktu panjang harus didaftarkan dan didatakan. Termasuk dengan cara diberikan KTP, untuk kepentingan terutama administrasi kependudukan, keamanan, kemudahan akses layanan publik,layanan perbankan, kesehatan dan lainnya.

"Kartu tanda penduduk untuk semua penduduk (residents), bukan kartu/sertifikat tanda kewarganegaraan (citizens)," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!