Sekilas Info

Pertamina Bantu Warga Terdampak Bencana di Passo

AMBON, MalukuTerkini.com – PT Pertamina Depot BBM Wayame memberikan bantuan kepada warga Jemaat GPM Passo Anugerah yang terdampak bencana banjir akibat talud patah dan tanah longsor beberapa waktu lalu.

Bantuan tersebut merupakan bagian dari Program Coorporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggungjawab sosial dan kepedulian kepada masyarakat.

Ketua Tim Penanggulangan Bencana Jemaat (TPBJ) GPM Passo Anugerah, Frits Tatipikawalan mengatakan, bantuan tersebut diserahkan Selasa (9/8/2022).

“Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala PT. Pertamina Depot BBM Wayame, F Moris Wungubelen bersama jajaran dan diterima oleh Ketua Majelis Jemaat (KMJ), Pendeta BJM Birahy di pelataran Gedung Gereja Anugerah,” jelas Tatipikawalan dalam keterangannya, Selasa (9/8/2022).

Frits yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Ambon, menjelaskan, hal ini merupakan bagian dari Pentahelix atau Multipihak yakni unsur kolaborasi yang menggabungkan beberapa pihak, dalam mendukung penanggulangan bencana, salah satunya pihak dunia usaha dalam hal ini PT Pertamina Depot BBM Wayame.

Ia merincikan bantuan yang diberikan tersebut berupa beras 24 kg sebanyak 18 karung, beras 5 kg 1 karung, gula 20 kg, mie istan 28 kardus, teh celup 20 buah, susu bubuk sachet 20 renteng dan telur 3 ikat.

“Selain itu diberikan pula logistik berupa 15 buah sekop, 35 buah terpal dan 15 buah tikar gulung,” rincinya.

Dikatakan, terkait program CSR ini, KMJ atas nama warga jemaat yang terdampak bencana menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT Pertamina Depot BBM Wayame.

KMJ juga berharap kerjasama dan jejaring yang dibangun TPBJ dengan berbagai pihak dapat meningkatkan peran dan pelayanan GPM sebagai gereja yang misioner dan menjadi jawaban bagi persoalan umat, khususnya terkait penanggulangan bencana.

“Atas nama jemaat yang terdampak bencana, KMJ yang didampingi pada anggota Majelis serta TPBJ, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada PT Pertamina Depot BBM Wayame yang telah memberikan bantuan lewat program CSR mereka. Kiranya Tuhan senantiasa memberkati pimpinan dan staf PT. Pertamina Depot BBM Wayame,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, akibat intensitas hujan yang tinggi beberapa waktu lalu, menyebabkan talud sungai Wayori patah, saehingga air sungai meluap dan menyebabkan banjir.

Tercatat ada 64 kepala keluarga yang terdampak bencana banjir pada 8 Juli 2022 lalu, bukan saja anggota jemaat GPM, tetapi ada juga dari gereja lain, serta umat Katolik.

TPBJ GPM Passo Anugerah kemudian berupaya melakukan upaya pemulihan pasca bencana, dengan pendekatan ke sejumlah pihak seperti Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku, yang memberikan bantuan bronjong untuk perbaikan talud patah, serta PT Pertamina Depot BBM Wayame melalui program CSR. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!