Sekilas Info

Nuansa Budaya Daerah Warnai Upacara HUT ke-23 Kabupaten Kepulauan Tanimbar

SAUMLAKI, MalukuTerkini.com – Nuansa budaya daerah mewarnai upacara peringatan HUT ke-23 Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang dipusatkan di Lapangan Mandriak, Sifnana, Selasa (4/10/2022).

Di tengah cuaca panas terik, para peserta hadir dengan menggunakan busana adat Tanimbar tetao .

Tak hanya berbusana Tanimbar seluruh petugas upacara juga menggunakan bahasa daerah dari Pulau Yamdena, termasuk Inspektur upacara Penjabat Bupati Daniel E Indey.

Dalam sambutannya Indey menyinggung tentang rentannya generasi muda tertarik dengan budaya mancanegara yang negatif seperti pergaulan bebas, mengkonsumsi narkoba ditambah kemajuan teknologi yang menjadikan semuanya dari seluruh dunia menjadi dekat.

“Semua itu justru membuat kemunduran karakter generasi muda. Apalagi untuk bahasa daerah, yang menurut laboratorium bahasa, menyatakan bahwa bahasa daerah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar hampir punah,” ungkapnya.

Dikatakan, usia 23 tahun ibaratnya seorang mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau baru lulus kuliah.

“Artinya usia yang sangat produktif untuk memasuki dunia kerja. Jadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar saat ini ada dalam usia produktif untuk meraih harapan-harapan," katanya.

Ia menjelaskan, tema HUT ke-23 “Tanimbar Optimis Pulih Lebih Cepat, Tanimbar Bangkit Lebih Kuat”, bermakna optimism diperlukan di tengah tantangan kondisi global, sehingga Tanimbar harus pulih dari kondisi tersebut untuk maju lebih kuat lagi.

Dalam kesempatan itu Indey juga menyampaikan, sejumlah prestasi  yang sudah diraih selama dirinya memimpin.

“Ada prestasi yang sudah ditorehkan oleh putra-putri daerah. Dalam tahun ini, generasi muda Tanimbar hampir semuanya meraih prestasi untuk mewakili Maluku ke tingkat nasional. Diantaranya Dafrosa Oratmangun sebagai Putri Genre Maluku, Duta Kosmetik Aman yang wakili Maluku di Bekasi, serta Stela Sainyakit untuk anggota Paskribaka Nasional. Ada juga Monika Rumlaan yang meraih Runner up  2 Putri Pariwisata Indonesia 2022,” ungkapnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan sidang paripurna istimewa DPRD yang juga dipusatkan pada Lapangan Mandriak dan disaksikan oleh seluruh rakyat. (MT-06)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!